Monday, April 27, 2015

motor India : spesifikasi & fitur unggul tidak serta merta bisa merebut hati bikers

gambar dar ixBhp

Kita sudah tidak asing lagi dengan motor India, terutama TVS & Bajaj karena mereka sudah lama menjual motornya di sini, sayangnya Bajaj mundur tinggal TVS saja yang tersisa disini, padahal kalau saja bertahan lama-lama bisa bersaing dengan motor-motor jepang. paling tidak memiliki basis penggemar sendiri. buktinya sekarang club pulsar gak sedikit, kalau saja sampai sekrang buka pasti bikers penggemar motor pulsar ini lebih banyak lagi. kelemahan dari motor india di sini adalah segi after salesnya. service dan sparepart gak bisa seperti pabrikan jepang yang sudah komplit dan luas. di luar itu sebenarnya kalau di lihat-lihat fitur dan spesifikasi motor india ini lebih daripada motor jepang disini. di saat motor jepang gak bisa merekam top speed motor sport tvs bisa, di saat orang beli motor jepang 150cc dengan harga yang sama kalau di belikan motor india seperti pulsar dapat yang 200cc dengan body lebih gagah, speed lebih kencang dan teknologi yang inovaitf.

dengan harga yang relatif lebih murah daripada motor jepang tapi dengan spesifikasi & fitur motor lebih unggul. walaupun dengan harga miring tapi berkualitas & inovatif tentu tidak serta merta mereka bisa bersaing. dengan berbagai keunggulan yang di tawarkan tetap sulit melawan pabrikan jepang yang unggul segi nama besar brand dan jaringan 3Snya. jadi kalau harga sama antara motor jepang dan india kalau buat head to head pasti motor jepang kalah (kubikasi, spesifikasi & fitur) tapi selera dari para bikers yang menentukan. bikers melihat memang tidak memilih motor dari segi fitur, spesifikasi dan kencang saja tapi ada hal-hal lain yang jadi pertimbangan. seperti nama besar brand, harga jual, jaringan 3S & banyak fansboynya yang bisa nularin biker-bikers lain ke motor yang digandrungi hehehe. dan pola pikir bikers tidak terpaku dari kelebihan motor melainkan sesuai keinginan hati mereka sendiri terhadap brand yang mereka cintai.

jadi motor india ini inovatif, kompetitif dan tangguh cuma kalah brand saja sih menurutku jadi banyak yang kurang suka. bikers memilih motor memang berbeda-beda ada yang memilih yang kompetitif harga, spesifikasi, ada yang karena suka brandnya, 3Snya dan lainnya. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: