Monday, April 20, 2015

kita boleh saja menikmati keindahan alam tapi jangan lupa untuk menjaganya agar tidar rusak

 Kadang manusia hanya bisa menikmati alam saja tapi tidak menjaganya sehingga menjadi rusak, kotor jadi tidak indah lagi. banyak sekali aku hampiri pantai-pantai yang kotor padahal dahulunya sangat indah dan asri. itu karena para pengunjungnya membuan sampah sembarangan. memang pengelola bertanggung jawab akan kebersihan tempat wisatanya tapi tentu kita juga harus ikut menjaganya. gak hanya di pantai, di air terjun/pemandangan di pegunungan yang terlihat indah sering di jadikan lokasi foto-foto dan tongkrongan. itu gak masalah asal mereka tau diri dan gak ngaur buang sampah sembarangan. saat aku ke cangar yang sebenarnya indah jadi terlihat kurang bersih dan kotor karena banyak sampah di pinggir-pinggir jalan.

di bawah ini contoh-contoh pantai yang kotor yang aku foto, padahal dahulunya sangat indah dan aku takjub kini hanya bisa menggelengkan kepala betapa rusaknya pantai ini karena pengunjungnya tidak bersih yang seenaknya membuang sampah. memng sedikit orang lama-lama jadi banyak dan pantaipun jadi kotor. aku saja jadi enggan kesana kembali.

pinggiran pantai yang kotor banyak sampah

para pegunjung yang berkemah di pantai juga gitu dengan se'enaknya membuang sampah dan bakar-bakar sembarangan.

pinggiran tepi pantai

ini sampah dari laut kayaknya, mungkin di sebrang pantai banyak yang buang sampah ke laut. dan pihak pengelola dan masyarakat cuek saja gak perduli sama sekali. seharusnya mereka sadar tidak hanya di nikmati saja tapi di jaga agar tidak gotor pantainya!

contoh pantai yang bersih nih. pantai kondang merak. banyak sekali aktivis sukarelawan yang membersihkan pantai ini jika ada sedikit kotoran/sampah. dengan sedikitnya pengunjung jadi gak banyak sampah sehingga tetap indah dan terkadang baksos ada yang kesini membersihkan pantai ini menjadi lebih indah dan asri. mari berbenah sahabat sekalian agar alam yang indah menjadi tetap indah dan asri sampai kapanpun

3 comments:

ZN said...

yang menyebalkan tu yang suka bikin api unggun di pantai terus gak di bersihkan sisa2 arangnya , membuat pantai jadi kelihatan kotor.

ZN said...

satu lagi, tidak ada nya tempat sampah juga membuat pengunjung kesulitan membuang sampah,

Risdiken said...

iya kalau yang menginap itu bro biasanya memang sering kayak gitu sampah selalu di biarkan saja. iya gak ada tempat sampah memang repot bro tapi seharusnya mereka sadar dan di buang di tempat yang agak jauh dari pantai agar tidak kotor pantainya. memang pengelolanya kadang juga kurang perhatian yang juga bikin prihatin.