Wednesday, July 11, 2018

Ngalamin sendiri beli pertamax dapat premium/pertalite


Kemarin urusan kerja setelah sekian lama gak ke Surabaya akhirnya bisa ke sana lagi. dan kejadian gak mengenakkan terjadi padaku. ya seperti judul di atas beli pertamax dapat pertalite atau bisa juga premium. lho kok tau bro? iya soalnya motorku selalu isi pertamax minimal, kalaupun pertalite biasanya pas touring gak nemu SPBU jadinya kepaksa isi di emperan adanya pertalite. jadi tau betul rasanya gimana performa motor antara pakai pertalite dan pertamax. dan juga kadang ortu kalau pakai ya seadanya bbm di beli. kelihatan pertalite ya sikat pertama sama saja gak pandang bulu. makanya pas Vario 150 gak aku bawa kemudian aku bawa kembali tarikan beda, 

wah pertalite ini. pas aku isi pertamax lagi baru deh joss kembali gasnya. mungkin sahabat bikers yang rutin diservice motornya sebulan sekali atau baru beli susah merasakannya karena motor keadaan sangat prima. lah Varioku kan gak rewel ya gak aku service, cuma ganti oli rutin sampai sekarang masih enak ya gak aku service. jarang service itu tentu walau masih sangat enak jelas masih ada beda dengan motor rutin service dan motor baru tarikannya. jadi beda bahan bakar sudah sangat sensitif dan kerasa bedanya saat melakukan tarikan gas kontan. di tarik biasanya gak sampai mentok sudah ngwes melaju cukup kencang. 

saat kemarin isi pertama yang ternyata pertalite atau bisa juga premium eh setelah di isi rasanya berat tarikannya, melaju kencang juga aku gas mentok kok masih kurang larinya. jadi karena bisa kerasa bedanya antara pertalite atau pertamax walau gak lihat isinya sudah kerasa banget. asli bukan pertamax ini. makanya SPBU itu sepi, biasanya gak pernah sepi, dan sudah beberapa tahun gak ngisi di situ kok tiba-tiba sepi. apa mungkin sudah banyak yang ngerasa jadi banyak menghindarinya? aku isi meteran bbmnya malah full asli 100% takarannya karena biasanya bila kurang barnya gak sebanyak kemarin. tapi setelah di gas kerasa deh antep gasnya. 

asli Risdiken gak curiga sama sekali karena biasanya beli gak pernah kerasa seperti ini, yang ini untuk pertama kalinya. seperti yan aku bilang kemarin sudah sumpek beli di SPBU biasa, kalau gak kebetulan apes ya kayak gini. kalau gak di kurangi bbmnya ya di oplos atau di kasi yang lebih rendah oktannya. ya di media sosial memang sudah santer juga. bahkan yang warna biru isi pertamax di masukin botol ternyata keluar warna ijo pernah lihat. dan di Surabaya juga ada yang ketangkep seperti kataku tadi, pertamax di isi premium atau pertalite. ada juga yang gak pas jumlah liternya, pokoknya macem-macem. kalau saja ada SPBU merk lain ya jujur Risdiken pilih yang lain bila lebih jujur dan aman. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikersadalah saudara!

No comments: