Sunday, June 3, 2018

Penggunaan mobil ambulance harus lebih spesifik lagi


Beberapa hari lalu ada berita mobil ambulan nambrak orang nyebrang sampai luka parah entah meninggal apa gak. dan beritanya ini ambulan bawa jenazah. Risdiken dengar itu jadi mikir gini : penggunaan ambulan harus lebih spesifik lagi. dan itupun harus di awasi saat penggunaan suara darurat benar-benar butuh. di awasinya pakai cctv dalam mobil/action cam atau apalah yang penting bisa awasi. lebih spesifik begini, sekarang kan mobil ambulan biasanya bunyi daruratnya gak orang benar-benar butuh, orang sakit tapi gak parah, gak urgen (gak darurat) tetap nyalain suara darurat sirinenya. bahkan orang meninggal pun pakai. sekarang begini ya, orang meninggal kan sudah jadi jenazah ngapain buru-buru toh nyawa sudah lepas. ya kalau gak darurat gitu ya di bawa jalannya biasa saja. 

alasan segera di makamkan, masa iya segera di makamkan harus sampai segitunya bikin orang di jalan minggir alasan darurat. ya kita kan sebagai warga negara harus bertoleransi, seumpama mau di makamkan macet ya harus sabar menunggu. kasian yang melayat di rumah nunggu lama bro. lah kasian begitu masa iya harus ngorbankan orang lain, kalau lama ya di tinggal dulu, baru jenazah dekat lalu di kabari kan beres ngumpul semua. sama saja mendahulukan hal yang kurang penting dan ngorbankan yang lainnya. korban gimana bro? kan tinggal minggir kasi jalan. iya kita tinggal ngasi jalan, tapi ambulannya ugal-ugalan nyetirnya dan bikin orang panik minggirnya jadi dladapan. 

ada ambulan, kita buru-buru kasi jalan, karena terburu-buru gak terlalu konsen srempetan dengan lainnya kan jadi masalah. kalau darurat wajar, lah ini gak darurat sampai timbul masalah kan gak baik itu namanya. contoh nyatanya di malang seperti yang aku tulis di atas. membawa jenazah sirine darurat di nyalakan sambil ngebut, akhirnya ada orang nyebrang jadi dladapan akhirnya tertabrak! sama saja mendahulukan yang kurang penting ngorbankan orang yang gak bersalah, itu jelas sebuah kesalahan! akhirnya harus di angkut ambulan lain jenazahnya karena urusan dengan yang di tabrak dan kepolisian. 

lah kalau beneran darurat orang sakit butuh cepat masih di maklumi, lah ini ngater orang sudah meninggal kan gak harus buru-buru. lalu kedua orang sakit gak parah, cuma di rujuk tapi gak darurat ya gak perlu nyalakan sirine ambulannya. sama saja yang aku bahas di atas tentang angkut jenazah, kurang penting malah ngorbankan yang lebih membutuhkan bahkan membahayakan. lho kok tau bro? tau lah bro, saudaraku pernah ada yang sakit dan gak parah cuma butuh di rujuk doang kerumah sakit lainnya naik ambulan. lah kan gak urgen (darurat), gitu sirinenya di nyalain. menurutku 2 hal itu menyalahgunakan ambulan. 

yang ke 3 bawa ambulan gak ada isinya cuma di jalan raya perjalanan eh di nyalakan, hasilnya sama seperti 2 hal di atas yang aku tulis tadi. oleh karena itu peraturan penggunaan sirine ambulan harus lebih spesifik untuk yang benar-benar butuh saja dan perlu pengawasan agar gak melakukan pelanggaran peraturan. semoga kedepan ada kajian pemerintah untuk penggunaan sirine ambulan, agar tidak di salah gunakan yan mngakibatkan kerugian bagi orang lain, bahkan jadi korban seperti yang di kota Malang. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: