Monday, June 11, 2018

Bedakan oli palsu dan asli dengan baunya memang ampuh?


Dari info yang aku dapat ternyata ada tips membedakan oli palsu dan asli. Seperti pada jadul bisa di rasakan baunya. Kalau bau gosong jelas palsu karena habis di pakai walau terlihat sama warnanya. Semudah itu kah? Kalau iya pasti gak perlu terlalu panik, sebelum ganti cium saja baunya hehehehe. Risdiken dapat berita ini tentu gak langsung percaya soalnya gak pernah nyoba sendiri. Mungkin saat beli oli nanti bisa di coba ya. 

Selain baunya bila di biarkan di luar cukup lama apa ada endapan di bawahnya? Kalau ada berarti oli palsu. Ya kalau beneran semoga bermanfaat bagi sahabat sekalian, ntar kalau gak lupa Risdiken juga akan mencobanya. Memang beli oli sering was-was, lah oli palsu beredar di banyak toko. Bedainnya juga susah nih. Jadi kita harus lebih hati-hati dalam milih oli nih. Kecuali oli dari merk motornya sendiri dan di service resmi pasti aman, tapi bila oli merk bukan bawaan pabrikan ini yang bikin ngeri. 

2 trik di atas menurutku juga ada kelemahannya. Kelemahannya adalah bila oli palsu bukan rekondisian oli bekas pakai melainkan baru tapi kualitas di bawah oli aslinya yang di palsukan. Di biarkan endapan gak ada, di cium bau juga gak bakal bau gosong kan sama-sama baru. Risdiken ngerti begini soalnya dari penuturan saudaraku oli murah punya bau tertentu. Oli semacam ini oleh merk tertentu di jual harga standar oli biasa padahal kualitas rendah jadi kita rugi belinya. 

Bila beli sendiri tanpa merk harganya jauh lebih murah dan biasanya di toko-toko jual part kendaraan tersedia. Nah pabrikan saja ada yang begitu kan bukan gak mungkin oknum lain yang nakal beli oli murah itu lalu ganti dengan merk lain dan di jual harga tinggi, kita gak ngerti apapun langsung pakai kan ngeri. Jadi beli di toko memang was-was walau tentu gak semuanya yang di jual palsu. Mungkin gampangnya beli secara online tapi dari asli produsennya. 

Contohnya smartphone sekarang beli online di situs jualan online ada yang dari produsen aslinya. Jadi mungkin nyari di sana lebih aman. Kan asli pabrikan, jadi gak ada tipu-tipu kecuali yang gak resmi ya belum tentu. Yang jadi masalahnya bila produsen olinya gak jualan online ya tipsku jadi gak mempan, jadi ya beli yang sudah terpercaya saja. Seumpama di tempat A sudah lama di situ aman ya jangan pindah, kecuali ada rekomendasi dari teman kalau ada tempat lain yang terbukti aman. 

Jadi beli oli jangan sembarangan sekarang, lebih baik teliti atau hati-hati dulu. Temanku dulu soalnya sering juga kena oli palsu beli sembarangan. Awalnya sama-sama enak, tapi gak lama kemudian malah rusak sampai turun mesin motornya. Oke segini saja dulu kita lanjut lagi besok. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: