Friday, October 27, 2017

yang aku takutkan pada GSX-R250 bila memang akan dirilis

Suzuki sudah mempersiapkan motor 250cc tampaknya. walau di sini penjualannya surut, tapi pasar global kan masih banyak yang berminat. urusan desain sudah deh nanti saja kita bahas bila sudah di rilis ya, kita bahas ke mesin saja sekarang fokusnya. suzuki memang terkenal dengan motornya yang kencang. dari jaman 2 stroke hingga 4 stroke gak ada namanya motor suzuki yang pelan/lemot (versi sport ya, bukan maticnya hehehehehe). nah bila GSX-R250 jadi dirilis akankah mesin all new/100% baru, atau ada opsi lain? opsi lain bisa saja pakai mesin motor lain. memang sih selama ini motor 2 slinder suzuki DOHC gak ada. entah suzuzki Bandit itu yang 4 silinder DOHC apa gak. yang aku takutkan malahan suzuki memakai mesin Ninja 250 FI 2018! lho kok bisa bro? ya bisa, coba lihat mesin 650cc silinder yang sering seliweran er6n/Versys 650 milik kawasaki juga di pakai suzuki.

yang aku tau motor adventure suzuki juga pakai mesin itu, dan hubungan kawasaki dan suzuki saling kolaborasi sudah lama. dari matic sampai sport (pernah di bahas bang iwanbanaran). kadang mesin suzuki di pakai kawasaki dan sebaliknya. nah ini kan Ninja 250 FI 2018 katanya sih mesin baru dan tentu powernya baru dan siap edar. kalau suzuki jualan motor 250cc juga bukan gak mungkin kan mesin Ninja 250 di pasang di GSX-R250! seperti melakukan kerja sama yang dulu-dulu yang aku sebutkan tadi. toh power Ninja 250 2018 sudah maksimal dan bila memang di cangkokkan ke GSX-R250 suzuki gak perlu riset lagi, tinggal bikin desain saja. kalau iya seperti itu ya kita kecewa sih soalnya identik kecepatan pada suzuki sudah bagus, kenapa gak kembangkan sendiri saja motor 250ccnya kalau bisa melakukannya, ya kan? 

baiknya sih ngembangin sendiri dan bisa dengan bangga menantang motor 250cc lainnya. memang sih bisa saja mesin sama tapi capnya beda, kalau kawasaki ya tulisan kawasaki, kalau suzuki ya suzuki, tapi sama saja kita di bohongin kan. ya semua itu terserah suzuki, walau mesin samapun tentu karakter akan dibikin berbeda jadi akan ada keunggulan sendiri-sendiri. tapi ya itu tadi, sudah sangat bagus nama suzuki disini yang identik dengan performa jadi alangkah baiknya bila kembangkan sendiri. kita lihat saja ya suzuki kembangkan mesin sendiri atau pakai mesin kawasaki nanti? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: