Monday, October 9, 2017

Cairan anti bocor pada ban seberapa efektif?

Dulu pernah bahas aku tentang cairan anti bocor pada ban yang sangat efektif karena pernah ngalamin sendiri kena paku lalu di cabut pakunya aman deh ban kembali menutup bocornya. Selama ini sih pakai motor matic yang kena pakunya dan aman-aman saja. Sedankan motor bebek 2X mengalami gagal fungsi cairannya. Karena itu aku pertanyakan lagi seberapa efektif cairan anti bocor pada ban tubeless ini? Awalnya saudaraku kena paku ban tubelessnya, tapi setelah di cabut kok masih kempes? Aku kira cuma sial saja dia, kan aku juga pakai pada Supra X Helm In. 

Tapi setelah 6 bulan kurang lebih aku juga kena paku. Enaknya ban tubeless gitu, kena paku gak di cabut ya gak bocor masih bisa di pakai. Aku sendiri gak nyadar kena paku, pas pakai itu motor kok rasanya bannya kempes sih? Aku cek ban belakang dan benar saja ada paku nempel. Oke aku panggil saudaraku untuk di cabutin soalnya aku gak nemu tang buat ambil sendiri. Setelah di ambil lalu di arahkan ke bawah sudah aman cairannya menutup sempurna. Tinggal di isi angin lagi dikit beres. Eh besoknya kempes entah kenapa saat di pakai saudaraku.

 Cairannya meluber keluar semua seperti pada gambar atas. Kok bisa ya? Apesnya aku tambalin di tambal ban tubeless jadi buntu lubang pengisian anginnya kepaksa ganti. Setelah tambal besoknya bocor lagi ya tambal lagi. Setelah itu bocor lagi! Apa ban tubeless gak enak gini?  Menurut pendapat saudaraku, kalau ban tubeless kena paku pada bagian cekung biasanya sudah rusak, cairan anti bocor gak mempan, tambal juga gak mempan. Memang saudaraku yang kena terus gak bisa di perbaiki juga posisi sama dengan ban motorku. 

Sedankan yang gak cekung kena paku aman pada ban motor maticku. Apa benar teori saudaraku gitu apa memang antara ban motor bebek dan matic ukuran beda jadi ada pengaruh pada cairannya? Jadi aku pertanyakan apa gak se'efektif dulu cairannya, atau karena alasan tertentu seperti teori saudaraku tadi? Sahabat bikers punya pendapat? Akhirnya ban tubeless tadi aku kasi ban dalam jadinya gak tubeless bannya dan masalah pun beres. Ban tubeless jadi gak tubeless hehehe. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: