Friday, October 20, 2017

Motor standard nantangin motor knalpot racing atau brong kemungkinan 50-50 untuk menang


Sebenarnya bagi yang ngerti, knalpot ganti itu gak sembarangan. Kalau pasang salah setting atau sekedar pasang kalau gak kebetulan ya gak enak motornya. Syukur-syukur kalau knalpot di standardkan lagi bisa normal, kalau gak bisa normal tetap gak enak kan ya kita yang rugi. Kalau ganti kan biasanya setting lagi ecu motor di sesuaikan dengan knalpotnya. Kalau sudah gitu baru motor lebih enak malahan di ganti knalpot brong atau racing. Brong dan racing disini beda lho ya. Brong biasanya bunyi doang tapi performa gak ada, tapi bila pas settingannya malah bisa bertambah tenaganya.

Kalau racing kan sudah di desainnya untuk karakter motornya, jadi mungkin kalaupun tetap di setting, sedikit ubahan performa lebih maksimal dan tentu suaranya beda kok, lebih enak (motor 2 silinder inline). Nah disini jalan kan ada saja orang iseng saling adu kebut di jalan. Biasanya ada yang standard 100% ada yang standard tapi ganti knalpot saja. Nah yang standard ini bila mau nyoba duel dengan motor yang sama atau sekelas tapi satunya sudah ganti knalpot kemungkinan menang 50-50. Kalau kebetulan itu knalpot cuma menang bunyi larinya gak ada ya pasti bisa menang yang standard total. Tapi kalau gak sekedar bunyi, pergi juga dapat tentu motor yang total standard itu yang kalah.

Aku nyoba sendiri di jalan kosong dan lurus panjang pas sepi gak ada serangan pula aku gas poool si akame saat standard dan kemudian saat ganti knalpot, rasanya beda. Aku lihat ada jembatan agak dekat tempat start sebagai tolak ukur akselerasi. Nah setelah aku coba standard dan sudah ganti knalpot memang beda mesin lebih plong, lari lebih cepat akselerasinya. Padahal standard sudah joss, eh ganteng knalpot malah lebih liar lagi tenaganya. Padahal belum ganti apa-apa cuma knalpot ganti doang sudah kerasa bedanya. Apalagi kalau di oprek pasti bakal lebih gila lagi. Jadi ngeladenin motor knalpot brong atau racing saat motor kita keadaan standard hasilnya 50-50 hehehe.

Ya aku nulis ini bukan berarti balapan di jalan raya itu gak masalah, tetap gak boleh dan sangat berbahaya. Dalam situasi tertentu saja kadang memungkinkan sekedar adu gas di jalan kosong dan super panjang tanpa ada potongan jalan tengah untuk nyebrang. Kondisi saat itu ya memungkinkan tapi juga gak boleh kebawah emosi, just for fun saja menang kalah biasa saja, cuma rasa penasaran terpuaskan. Soalnya ini bukan ajang balap gak perlu terlalu serius memaksakan diri dan motor. Memang rasa puas tak tergantikan kita dapatkan bila ada menangnya, tapi ya apa salahnya lebih hati-hati. Kan keluarga menanti di rumah. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: