Tuesday, October 24, 2017

Transportasi umum yang paling di benci oleh pengguna jalan lainnya

Judul dan gambar sudah memberi jawab hehehe. Yup benar, transportasi umum yang paling gak di sukai bikers dan pengguna jalan lain ya bus ini. Memang nekat bus jaman sekarang. Makan jalan arah berlawanan di sikat gak peduli ada motor sehingga motor ngalah dan keluar dari aspal biar selamat seperti gambar di atas. Hal ini sering terjadi yang bikin bikers atau pengguna jalan lain berang dan bawa jebakan bila ada bus mau makan jalan. Ya kalau gak kelereng ya batu ntar bus lewat dan melakukan pelanggaran yang bisa bahayakan pengguna jalan lain langsung di lempar itu batu atau kelereng.

 Walau kecil tapi dalam kecepatan tinggi dapat mecahin kaca bus dan potensi kena supir sangat tinggi. Ya gak semua bus begitu, tapi bikers mana tau, ada bus di pikir sama saja di lempar batu sampai kena supirnya lalu meninggal supirnya. Padahal ternyata setelah di selidiki kebetulan bukan yang nakal supirnya tapi jadi korban. Kasian kalau gak salah kena imbasnya. Memang gak semua, tapi kebanyakan. Bahkan tindakan lempar batu atau kelereng sudah terjadi dari dulu. Malahan sampai main dendam. Begitu di lempar kaca pecah si supir mengingat plat nomornya dan kontek temannya di belakang dan akan balas dendam. Lho kok tau brosurnya,  sumbernya dari mana?

 Dari seseorang yang sering touring jarak jauh yang sering ngalamin kayak gitu. Bahkan aku punya kenalan pecinta bus jadi lumayan banyak info yang aku ketahui. Percaya gak percaya info lain yang aku dapat beberapa supirnya punya ilmu kebal. Makanya bila kecelakaan jarang yang mati padahal supir di depan dan penumpang di belakang tapi yang di belakang malah yang meninggal. Aku juga heran saat ada kecelakaan bus masuk jurang tapi supir di depan selamat dan gak sekali dua kali terjadi. Kemudian tabrakan dengan truk besar eh supir truk mati yang bus gak apa-apa. Padahal sama-sama hancur bagian depannya. 

Selain itu masih banyak cerita yang aku saksikan sendiri tapi gak bisa aku tulis semua karena terlalu panjang. Truk juga kendaraan besar dan kerap makan korban dari bikers banyak tapi tidak terlalu di benci karena yang sering kecelakaan antara motor dan truk kebanyakan yang salah motornya. Kalau truk salahnya biasanya rem blong dan ugal-ugalan tapi jarang banget. Selain itu bila memungkinkan truk akan menghindari kecelakaan apalagi dengan motor, jadi masih lebih baik dari bus karena masih mau mengalah. 

Saling benci dan serang antara bus dan pengguna jalan lain terutama bikers sudah berlangsung lama, semoga kedepan ada pemerintah yang tau hal ini dan bikin undang-undang agar bus lebih baik dalam perjalanan. Ada bus lawan arah dan kencang?  Mending ngalah sahabat bikers sekalian biar aman, aku juga pernah mengalaminya di Blitar dulu. Sahabat bikers sekalian punya pengalaman buruk dengan bus? Silahkan share juga. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: