Tuesday, August 2, 2016

Tips waktu yang tepat saat ke pantai terutama pantai di Malang



air sedang pasang di pantai jolangkung

Sekitar seminggu lalu aku ke pantai watu leter, tapi saat itu dalam keadaan ombak tinggi/air pasang jadi saat foto-foto mungkin ada beberapa spot yang seharusnya terlihat bagus jadi gak terlihat. mungkin kalau pas air surut pasti akan terlihat lebih indah pantainya. jadi ke pantai gak sembarangan waktunya untuk mendapatkan suasana yang indahnya maksimal. contoh gambar di atas adalah pantai jolangkung & parang dowo. pemandangan paling bagus adalah saat pantai sedang air surut. saat air surut karang terlihat jelas bahkan banyak ikan dan kepiting yang terperangkap di kubangan karang saat surut yang menambah suasana pantai jadi makin asik dan indah. tengok kanan, kiri dan semua arah pemandangan kerasa begitu indah banyak karang menghampar jauh dari pantai jolangkung - parang dowo.  saat air pasang karang-karang itu gak kelihatan dan terlihat biasa saja pantainya, tapi pas surut keindahan itu akan muncul di semua sudut pantai ini seperti yang aku jelaskan tadi.

berikut ini beberapa pantai yang pernah aku kunjungi dan waktu yang tepat untuk mengunjunginya. sebelumnya mohon maaf gak bisa upload semua gambarnya, kalau penasaran sama pantainya bisa click link yang tersedia di nama pantai yang aku sebutkan.

1. pantai batu bengkung : saat ke pantai batu bengkung ini berlawanan dengan parang dowo & jolangkung waktu mengunjunginya karena keindahan pantai batu bengkung ini keluar saat air pasang. bisa di lihat gambar di bawah ini bila air pasang airnya nembus batu dan mengalir begitu indah. apalagi saat melewati batu airnya menggenangi sekitar batu bengkungnya sehingga bisa di buat renang tapi aman di sana. jadi saat waktu yang tepat ke pantai batu bengkung ini saat air pasang. 

saat air tumpah dan mengalir di pantai batu bengkung. pemandangan & suasana sangat menakjubkan saat seperti ini.


2. pantai watu leter : saat kesana kebetulan air sedang pasang. saat itu memang sudah terlihat indah pemandangannya tapi saat aku amati mungkin akan lebih indah pantainya saat air surut. banyak yang bilang pantai ini nuansanya seperti pantai goa china memang benar seasik itu, tapi disini enaknya masih gak begitu banyak orang, keindahan jadi makin terasa. apalagi bersebelahan dari goa china, bila ke goa china mampir kesini juga bisa ada jalan langsung menuju kesini dari pantai goa china. waktu yang tepat untuk ke pantai watu leter ini saat air surut. 


3. pantai goa china : pantai yang bersebelahan dengan pantai watu leter. kalau pantai goa china menurutku pas air pasang terlihat indah mempesona pantainya, kalau saat air surut entah terlihat gak seindah saat pasang. jadi waktu yang paling tepat ya pas air pasang.

4. pantai balekambang & jembatan putus : nah kalau pantai balekambang dan jembatan putus ini akan beneran terasa indah saat keadaan air surut. seperti halnya pantai jolangkung dan parang dowo, pantai ini akan terekspos keindahannya saat air surut. air jernih dan dangkal bisa buat berenang bersama keluarga dan pemandanganpun terasa makin indah. bila saat air pasang wah beneran terlihat biasa saja ini pantai, kalau air surut beda 180 derajat jadi sangat indah dan mempesona. kelemahan utama di pantai ini terkadang banyak sampah ditemukan di dekat pantai karena masyarakat yang berkunjung membuang sampah sembarangan. waktu yang tempat ke pantai ini ya pas air surut.

5. pantai ngliyep : sama halnya dengan pantai balekambang dan jembatan putus, pantai ngliyep ini suasananya akan terlihat indah saat air surut. apalagi saat musim hujan ada air jernih mengalir dari sungai (sungai sementara yang hanya muncul saat musim hujan di pantai ngliyep) ke laut dan luamyan besar sungainya yang muncul di tengah pantai menambah keindahan pantai ini. benar-benar suasana yang sangat tepat untuk di kunjungi saat air surut & musim hujan. kalau air pasang pantai ini jadi terlihat biasa saja, jadi enaknya pas air surut. apalagi semua karang juga terlihat saat air surut di pantai ngliyep ini.

6. pantai kondang merak : pantai yang bersebelahan dengan pantai balekambang dan nganteb, keindahannya gak kalah dengan pantai-pantai di sebelahnya jadi patut untuk di kunjungi bagi yang suka ngetrip ke pantai. pantainya bersih dan gak begitu banyak pengunjung jadi terlihat masih sangat indah. waktu yang tempat ke pantai kondang merak sebenarnya saat air surut, tapi ternyata saat air pasangpun juga indah jadi kapanpun bisa menikmati suasana pantai yang indah di pantai kondang merak ini. tapi paling optimal keindahannya ya saat air surut.

7. pantai clungup : pantai ini sebenarnya unik juga. karena pantainya panajng tapi gak ke kanan atau kiri malah ke daratan. apalagi di tengah pantai clungup ada bebatuan besar yang menghalangi ombak sehingga gak berbahaya buat mandi. yang bikin unik saat pasang surut seperi gurun pasir di tengah pantai, tapi agak lama kemduian air datang mngalir dari laut. saat itulah momen terindah di pantai clungup. air dari laut mengaliri padang pasir di tengah pantai yang kering, hmm suasananya sangat menakjubkan. susah di jelaskan dengan kata-kata jadi harus di alami sendiri hehehehehe. jadi saat yang tempat kesana saat air surut dan pagi hari sebelum air mengisi seluruh pantai clungup.

8. pantai gatra : masih satu blok dengan pantai clungup, pantai gatra ini suasana paling asik untuk di kunjungi saat air surut. bebatuan di dalam air terlihat karena airnya jernih, kemudian air juga dangkal walau agak ketengah jadi buat mandi aman dan asik. buat selfi atau foto-fotopun juga enak.

9. pantai papuma : pantai yang terletak di jember ini gak kalah indah dari pantai di malang. suasana paling asik saat air pasang. walau ombak besar tapi pemandangannya jadi indah. air surut juga indah sih tapi di beberapa sudut pantai ada yang kotor jadi mengurangi keindahan pantai saat air surut. jadi mending saat air pasang berfoto di pinggir pantai pemandangannya bisa dirasakan. 

10. pantai nganteb : pantai sebelah kakannya pantai balekambang, di pantai ini juga gak kalah indah dengan pantai balekambang. tapi enaknya pantai ini kapanpun waktunya asik kok suasananya, jadi kapanpun waktunya tetap bisa menikmati pemandangan pantai yang indah. plus di sebelah kiri pantai ada sungai yang mengalir yang menambah keindahan pantai ini. selain itu disana juga bisa buat berenang/mandi karena airnya dangkal. jadi gak perlu takut terseret arus sungai ke laut.

11. pantai umbul waru : pantai umbul waru ini jalannya paling ekstrim yang pernah aku lewati. sudah jalan bebatuan menanjak pula. benar-benar menantang, tapi saat kesana anda akan puas dengan pemandangannya. bisa ke atas air terjunnya atau turun ke pantai di bawah air terjunnya bener-bener pemandangan yang asik dan sayang untuk dilewatkan bagi yang suka touring/ngetrip. paling pas saat kesana ya tentu pas air surut karena bisa mendekat ke air terjunnya di bawah, kalau pas air pasang gak bisa mendekat ke air terjun. perpaduan antara pantai dan air terjun yang indah.

bila mau berkunjung ke pantai yang aku bahas di atas ada baiknya coba saranku tadi pasti akan lebih asik lagi saat kesana. mugkin banyak pantai yang aku kunjnungi tapi gak aku sebutkan di atas hal itu karena apapun situasi pantainya tetap enak untuk di kunjungi tanpa memperhatikan air pasang/surutnya. salam touring/ngetrip ^_^

No comments: