Friday, August 19, 2016

pasar motor yang gak pernah di sentuh pabrikan jepang

Pabrikan motor jepang memang terkenal tangguh disini. kalau tanya nama motor ya Suzuki, Honda, Yamaha & Kawasaki. lainnya? biasanya di anggap motor China. walau dari segi harga memang motor jepang mahal tetap saja di buru pembeli karena nama mereka sudah terlalu mengakar di hati konsumen Indonesia. gak heran motor 150cc merk jepang lebih mahal daripada merk India. padahal secara kualitas sama & spesifikasi motor India lebih oke, contoh Pulsar 200NS yang di sini di obral oleh kawasaki. motor ini kan daripada motor 150cc jepang masih lebih jauh kencang & wah spesifikasinya. desainpun mantap tapi harga tidak lebih mahal dari motor jepang. nyatanya? gagal di pasaran.

memang gagalnya pulsar dari bermacam-macam perkara jadi memperburuk penjualannya. ngomong-ngomong motor ada satu jenis motor yang gak di sentuh oleh pabrikan jepang. ya gak lain motor gerobak. motor ini laris manis di daerah pedesaan karena efisien banget. dengan harga yang relatif murah tapi bisa angkut banyak barang gak heran motor ini sangat sukses. harganya pun gak terlalu mahal. kira-kira paling mahal harganya sekelas motor 150cc honda/yamaha. dengan harga yang setara motor 150cc tapi bisa bawa barang jauh lebih banyak dari motor lain menjadikan motor ini primadona bagi masyarakat yang mempunyai berbagai macam usaha. dari tukang sayur, jasa angkut barang, buat beli bahan baku/macam-macam dagangan untuk di jual kembali dan masih banyak lagi lainnya yang sangat membutuhkan kendaraan seperti motor gerobak ini.

kunci kesuksesan motor ini memang pada harganya yang murah tapi kuat angkut barang yang sangat banyak. apalagi bila orang beli motor gerobak ini untuk di buat jasa angkut pasti untungnya banyak karena tarifnya jauh lebih murah daripada mobil. mungkin bisa 3-4x lipat tapi daya angkut maksimal. jadi jangan heran banyak yang memakai jasa angkut motor gerobak ini di pasar-pasar atau untuk angkut barang lainnya. kesuskesan motor gerobak berlangsung cukup lama tapi pabrikan jepang gak menyentuhnya padahal sangat laris. aneh kan? padahal kalau ada kelas motor yang laris biasanya pabrikan jepang terjun kesitu. bener-bener kendaraan yang sangat di butuhkan oleh maysarakat Indonesia. mungkin sahabat bikers ada yang tau alasannya pabrikan motor jepang enggan bermain di kelas motor gerobak? salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!



No comments: