Sunday, August 28, 2016

Kymco mau main matic besar? awas jangan sampai salah langkah!

Beberapa hari lalu aku baca kobayogas.com kalau Kymco mau kembali hadir disini. ini merupakan hal positif, tapi awas jangan salah langka. sekali salah bisa bisa fatal. contoh Minerva yang membandrol motor 150cc fairingnya sama dengan harga Vixion saat itu masih Vixion generasi pertama. dari segi body memang jauh. Vixion masih berdimensi gak besar, sedangan Minerva sudah besar RX 150 andalannya karena memakai desain  R125. kalau di jejerin kelihatan jauh lebih keren RX 150 daripada Vixion, tapi namanya saja bukan motor jepang, sekeren apapaun tentu kalah dengan yang bermerk. akhirnya body super keren itupun kalah dengan Vixon dan makin lama makin jarang terlihat di jalan RX 150 ini.

begitu juga dengan Kymco, dia sudah sadar gak berani main di kelas matic entry level, tapi ya kalau nyebur di kelas yang besar juga gak boleh sembarangan. kalau kurang perhitungan bisa sensib dengan Minerva! kenapa aku bilang begini? motor matic Kymco mau di usahakan tidak lebih dari 68 juta. what? kalau segitu ada yamaha mau keluarin X-Max! kalau kirasaran harga X-Max 250 di bawahnya jelas Kymco akan terkilas walau dari segi material, fitur & lainnya Kumco lebih unggul. jelas karena merk yang sudah ternama yang akan menang seperti kasus Minerva RX 150 vs old Vixion tadi. kalau merk Eropa masih bisa laku, kalau merk non Jepang dan Eropa di bandrol kemahalan ya susah laku disini!

soalnya di luar negri dengan di sini pola pandang bikersnya berbeda jadi gak heran salah langkah dikit akan fatal. apalagi Kymco sudah banyak yang tau kalau buatan Taiwan, walau kualitas gak kalah sama yang bermerk tapi orang sini sudah lebih suka yang lebih bermerk, apalagi merk Jepang. jadi walau fitur bagus sekalipum harga juga harus di perhitungkan. mungkin sebenarnya segitu murah aslinya, tapi itu untuk pasar luar negri, kalau disini akan kemahalan soalnya yang kurang bermerk lebih mahal dari yang lebih bermerk akan terlihat overprice oleh bikers sini dan bisa gagal di pasaran kalau begitu. 

solusi tepat ya kerja bakti dulu seperti KTM, kalau mereka sudah merasakan kehebatan produknya dengan harga murah pasti banyak yang suka. lalu tinggal di naikin sedikit demi sedikit seperti CBR 150R lokal yang awalnya lebih murah dari R15 jadi lebih mahal sekarang. padahal fitur juga nambahnya sedikit, kurang pas lah dengan harganya, tapi karena sudah terlanjur di suka ya tetap laris. solusi tempat seperti langkah KTM karena di Indonesia ini maunya yang murah & bermerk. kualitas nomor sekian hehehehehe. semoga strategi Kymco di pikir ulang karena bila harga yang tertulis di om kobayogas.com terealisasi akan sulit melawan produk Jepang. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: