Sunday, August 14, 2016

Motor baru sudah menggunakan ban tubeless semua, sampai kapan tambal ban bertahan?

Makin tambah tahun pergerakan dunia roda dua tanah air makin cepat. Motor gak sampai 3 tahun sudah update, bahkan sampai belum 2 tahun sekalipun juga ada. Nah update ini biasanya tentu nambah spesifikasi walaupun terkadang gak signifikan. Biasanya kalau update ya bodynya. Kemudian lampu mulai beranjak ke Led semua. Gak ketinggalan mesin juga. Kalau gak mesin baru biasanya spesifikasi mesin/fitur di tambahkan.

Selain yang aku tulis di atas biasanya roda juga mulai tersentuh update. Updatenya kadang ban di bikin lebih lebar dari sebelumnya dan yang pasti sekarang pada pakai ban tubeless. Keunggulan banget tubeless kan kalau kena paku atau benda tajam lainnya gak langsung bocor, masih bisa jalan. Kalau begitu masih bisa yang kena paku rodanya jalan ke tambal ban tubeless. Itupun bikers kadang milih yang terlihat nyaman yaitu di SPBU.

Kalau terus begini tambal ban makin lama makin dikit nih penghasilannya. bannya sudah banyak yang tubeless sedangkan yang nambal kan gak semuanya sedia tambal tubeless. Apalagi kadang bikernya milih tambal ban yang lebih baik seperti yang aku tulis tadi. Mungkin pekerjaan tambal ban biasanya cuma buat sampingan karena gak mungkin ramai. seperti aku saja bocor rodanya juarang, jadi kalau jadi pencaharian utama kayaknya susah. kecuali tambal ban nakal yang biasa menebar paku, mungkin di jadikan mata pencaharian utama soalnya nyari-nyari korban ban bocor. 

itu pekerjaan yang baik menolong orang jadi pekerjaan jahat sampai-sampai rela ngorbanin orang demi keuntungan diri sendiri kalau sampai nebar paku. mungkin ada yang berpikir bisa saja beralih ke tambal ban tubeless kan ban masih bisa bocor. tapi kalau di pikir kembali sekarang ada cairan anti bocor untuk ban tubeless. cuma Rp.50 ribu kebawah harganya sudah aman dari paku. kena paku langsung cabut, bocornya di arahkan  ke bawah sudah nutup otomatis gak perlu ke tambal ban. kalau banyak yang begitu kan tambal ban tubeless kurang laku.

kalau penambal ban jahat sih gak kurang akal, ada saja cara untuk mengakalinya, kalau yang jujur pastinya makin berkurang penghasilannya semenjak pabrikan motor mulai menggunakan ban tubeless semua dan motor lamapun juga sedikit-demi sedikit mulai beralih ke tubeless. jadi berapa lama ya tambal ban yang jujur bisa bertahan? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

sumbergambar aaronguing.com

No comments: