Monday, October 12, 2015

Kisahku saat pertama kali menggunkan motor sport (kopling)

Sebenarnya dulu aku benar-benar gak bisa menggunakan motor kopling (sport) karena dari belajar sampai lulus SMA aku sudah terbiasa menggunakan motor bebek dan belum pernah sama sekali menggunakan motor koling.  sebenarnya pengen punya motor kopling karena memang motornya terlihat keren tapi aku sama sekali gak bisa, dan belajarpun takut seakan akan belajar motor kopling itu susah minta ampun. apalagi sebelum itu aku beranggapan moto sport/kopling kurang efisien mending bebek soalnya lebih irit dan keceptan sedang gak terlalu kencang bisa kemana saja.

aku mulai makin ingin punya motor kopling saat saudara membeli motor  new megapro 150cc (versi karbu). saat melihatnya kesini dengan bawa motor megapro wah keren dan gagah ini motor bikin kepingin. ada Vixion atau megapro apalagi Tiger lewat wih cuma bisa mandangin saja hehehe mau beli juga berpikir gak bakalan bisa mana ada duit cuma bisa ngiler saja. lalu keinginanku makin kuat setelah saudara menjual megapronya dan ganti dengan CBR250R generasi pertama. apalagi saat itu aku di ajak langsung saat membelinya. soalnya membeli dengan uang cash, jadi biar aman pergi bersama-sama dan uangnya dipencar.

saat sampai di dialer besar di surabaya aku sangat wah sekali melihatnya, ini dealer besar sekali daripada dealer besar lainnya di sidoarjo. lalu menoleh kanan kiri banyak sekali CBR250R dipajang semua seri ada dari ABS dan non ABS. aku makin ngiler melihatnya, keren banget ini motor. saat launching CBR250R sebelum ke dealer sudah melihat sosoknya kini dapat melihat langsung kembali bikin tambah kepingin motor sport nih. saat itupun aku tekad akan membeli motor sport 250cc. kenapa gak 150cc saja? kopling sjaa belum bisa? iya kopling bisa belajar pakai motor lain nanti kalau sudah ada rejeki langung ke 250cc saja.

satu tahun kurang lebih menabung dan ada tambahan rejeki akhirnya aku bisa membeli motor sport 250cc. saat sudah tekad beli CBR250R eh Ninja 250FI di rilis dan modelnya super keren jadinya aku ingin membelinya batal membeli CBR250nya. saat maubelipun aku masih tidak bisa kopling hehehe aneh sekali aku ini. ya milih motor dulu baru beli, akhirnya mau beli ninja indennya mengular dan CBR bisa kirim dalam 3 hari akhirnya kebelilah CBR 250 warna merah. nah saat tabungan mulai terkumpul tadi aku sebenarnya sudah belajar dengan memakai motor Satria 120cc 2 stroke

apesnya motor itu punya saudara kruang terawat jadi powernya sudah gak ada dan gampang mogok, susahnya lagi kalau sudah mogok gak bisa menyala, motornya sangat susah untuk menyalakannya. ibarat serigala sudah ompong ini motor jadi seperti itu. dan tambah parah lagi komsumsi bbmnya menggila, cuma buat keliling porong 2 liter habis padahal kalau motor revo 100cc punyaku bisa pp surabaya - porong. belum selesai dan belum begitu bisa mamakai kopling si CBR250 datang dari dealer. aku sangat bersyukur dan deg-degan soalnya ini motor besar dan belum lancar kopling bisa-bisa diketawain orang nih.

ya motor sudah diturunkan dari mobil dan aku bawa ke rumah aku dorong. nah orang-orang bilang : " kamu beli motor ngapain di dorong, ya di pakai dong!" aku langsung deg-deg kencang dan memakainya jalan dengan pelan-pelan sekali sampai di halaman rumah. itu saja sudah banyak keringet hehehe. setelah itu aku mulai inreyen tapi di tepat yang dekat-dekat karena surat motor belum keluar. parahnya di jalan pedesaan bisanya banyak begal jadi aku sambil di awasin sama saudaraku pemilik CBR250 tapi dia bawa motor revoku karena saat inreyen gak boleh motor digeber terlalu kencang. susah payah inreyen lama aku mulai menajajal motor sport pertamaku dijalan.

saat itu aku tidak terlalu lihai karena belum begitu menguasai motor kopling apalagi langung memakai motor yang ukurannya lebih besar dari sport biasanya. setelah aku mulai bisa barulah aku berani ngebut dikit di jalan sepi. setelah aku gas penuh wah ini motor enak sekali begitu nyaman, kencang dan stabil, aku gas gear 2 tembus 80km/h dan gigi 3 110km/h. sekali gas motor lainnya kesalip dengan mudah. apalagi kadang ada Vixion blagu nyerempet-nyerempet dijalan ramai tentu aku gak terima karena hampir nyenggol. dia ngebut kencang ya aku kejar gak peduli wapaupun berboncengan. kekuatan mesin 250cc teruji. 

saat aku gas penuh di gigi 3 sudah terkejar walaupun aku berboncengan, gak pake lama aku blyer-bleyer keras itu Vixon setelah terkejat dan langsung keder jadi gak berani macem-macem. aku sudah jalan pelan-santai dan tenang di srempet ya aku bales saja. di atas langit masih ada langit make Vixion blagunya minta ampun, setelah aku bleyer keder hehehe ada-ada saja biker nakal yang se'enaknya. ya sering juga vixion berusaha ngejar dari belakang, entah sekedar jajal kemapuan motornya atau sekedar iseng, dari gelagatnya ngajak kencang ya sudah gas pol. dengan cepat si Vixion tertinggal jauh karena aku masukin gear 4 saja dan belum gas penuh. 

aku pelan terus gak ketemu-ketemu mungkin sudah gak mood bikersnya sudah nyerah. ya beginilah aku, kalau kencang ya berani tapi lihat situasi dan kondisi gak ngawur. selain vixion kadang satria fu 150 juga penasaran, mungkin di kira motor apa aku gak tau kok sudah berani adu kencang. dari gelagat bleyer-beler saat ada kereta api lewat ketauan niat mau ngebutnya, setelah jalan dibuka si satria gas pol ngacir dan aku tertinggal jauh karena aku gak langsung jalan, aku gas pelan-pelan baru setelah agak berpencar kerumunan motornya aku gas pol sampai gigi 4. dengan kecepatan kira-kira 130km/h satria dapat tersalip dengan mudah dan tertinggal jauh.

yang paling seru ya Tiger modif lawan CBR punyaku bikin berbedar-debar dan adrenalin sampai memuncak tinggi. cerita lengkapnya click saja disini. itulah tadi kisahku saat pertama kali memegang motor kopling/sport. dari nol gak bisa memakai motor kopling bertahap sampai lihai. semua ada waktunya. jadi kalau ada keinginan dan mau berusaha Insya Allah bisa deh. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: