Friday, October 9, 2015

Jangan sembarangan ganti ban Jupiter MX King karena dapat membuat manuver montor kurang lincah

ban depan sudah diganti ke 80/90-17

Ban Jupiter MX King 150cc memang besar tapi di bagian belakangnya saja sedangkan di bagian depannya masih sama dengan motor bebek lainnya. hal ini terkadang bikin kurang sreg sebagian bikers pemilik jupiter mx king 150cc sehingga mereka mengganti ban depan menjadi lebih besar agar terlihat seimbang/pas di pandang mata. ya seimbang di pandang mata belum tentu seimbang di kendarai. jadi begini, saudara kan ada yang punya Jupiter MX King 150 dia mengganti ban ukuran asli menjadi ukuran lebih besar. jadi yang semula 70/90-17 menjadi 80/90-17. saat di ganti rasanya puas saudaraku, begitu ditunggangin ternyata ada yang berubah. ya benar, manuvernya sudah gak seperti saat ban standard pabrikan. rasanya lebih susah diajak manuver dan kurang lincah jadinya.

ban pengganti standard 70/90/17 ke 80/90-17

walaupun begitu saudaraku gak kapok dengan mengganti ukuran ban hehehe, setelah mempunyai uang lebih, dia kembali mengganti juga ban belakangnya 120/70-17 menjadi 130-70-17 seperti gambar dibawah

jadi setelah di ganti dengan ban yang besar-besar memang tampilan lebih oke lagi, tapi sebagai gantinya manuver jadi kurang lincah. yaa tentu bukan berarti gak enak banget jadinya, cuma agak berkurang kelincahan dalam bermanuvernya. jadi buat sahabat bikers sekalian yang mau ganti ban jupiter mx king agar lebih besar dipikir-pikir dahulu atau konsultasi ke mekanik yamaha bagaimana agar manuver tetap lincah walau sudah ganti ban lebih besar. salam biker salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

ban belakang sudah di ganti menajdi 130/70-17

Jupiter MX King 150cc sudah di ganti  ban depan 80/90/17 dan belakang 130/70-17

baca juga :

38 comments:

Anonymous said...

saya pemakai mxk juga, rencana mau ganti ban depan ke 80/80
beda handlingnya seberapa banyak dibanding ukuran 70/90 ?

Risdiken said...

sebenarnya yang mencoba saudara saya sang pemilik MX-King ini jadi gak bisa tau persis aku bedanya. cuma setelah ganti ban memang ada perubahan/perbedaan handlingnya. ntar aku coba tanya lagi ke saudaraku ini.

Anonymous said...

pengen tanya mas, ada masalah stang goyang saat lepas tangan gak ya?
ganti ban ke 90/80 jadi anteng gak stangnya?

Unknown said...

aku pakek ban depan 90/80 sam , gak po2 biasa aja

Unknown said...

aku pakek ban depan 90/80 sam , gak po2 biasa aja

Risdiken said...

untuk bro senopati : beda lah bro, punya bro kan 90/80 sedangkan punya saudaraku 80/90. jadi perbedaan ban yang di ganti efeknya juga beda.

bro anomin : dari komen bro senopati katanya biasa aja gak ngefek ^_^

kampoeng_hijaoe said...

klo ban belakang mx king diganti ban ukuran 110/80 bisa gak? harapanya biar tarikan ringan githu

angga said...
This comment has been removed by the author.
Unknown said...

http://otomotif.org/wp-content/uploads/2014/08/Motorcycle-Rim-WidthTire-Size-Chart-by-MTSAC.edu-2.jpg
kayaknya gak bisa tu...

Unknown said...

merek apa tu? saya kayak belum pernah nemu ban ukuran 90/70

Risdiken said...

menurutku bisa sebenarnya tapi mungkin harus ganti velg dan bisa juga nambah part lainnya juga. aku saja pernah lihat ninja 250 FI ban cacing.

Unknown said...

iya sih bro, bisa, tp harus ganti perangkat pendukungnya, velg dll kayak yg dipakai ANR

Risdiken said...

mungkin bro angga ban motornya beda merk/jenis bannya dengan ban saudaraku bisa jadi karena itu rasanya beda. motornya MX-King juga kan? atau jangan-jangan karena sudah sangat mahir nyetirnya jadi handling berubah gak begitu kerasa? hehehehehe

the doctor said...

gan itu modif sein belakang nya pake apa keren..jadi lampu sein gak terlalu menggagu takut patah klo standarnya.

Unknown said...

Ban depan ane ganti ke 90/80, belakang ttp standar nya 120/70 malah jadi makin enak buat cornering.. Depan ganti pake michelin pilot street. Salam

Unknown said...

dari pengalaman saya sendiri mx king better ban depannya di ganti dengan ukuran 90/80 tetapi spakbor depan harus di papas sedikit bagian kiri kanannya dan mungkin dudukan baut berubah. untuk ban 90/80 di harga 300an lebih mending gunakan mp76 karena lebih memegang grip daripada street pilot. dan ban mp76 lebih awet dibanding ban balap mp lainnya. untuk manuver memang terasa sedikit lebih berat dan tidak lincah. namun kita para pengendara harus ahli dan dapat memegang kontrol motor di tangan kita. kalo untuk masalah stang goyang mungkin bisa di cek ke bengkel terdekat, bisa jadi bagian shock tidak kencang atau homesteer dll. semoga tips nya berguna :)

Unknown said...

Ane pake 80/80 fdr sport xr..pendek tapi lebar..semakin lincah nikung mantap

Anonymous said...

Hallo, saya sudah mengganti ban depan dengan spesifikasi 90 / 80 R17 lansiran PT Gajah Tunggal dengan type Zeneos ZN 62. Dengan ban ini saya rasa cukup memadai karena lebih stabil dan lebil rigid, terlebih ketika melewati jalur perbukitan yang berkelok grip terasa melimpah baik dalam kondisi cuaca cerah maupun basah. Sementara bagian spakbor depan saya menggunakan All New Kawasaki Ninja 250 FI demi meningkatkan tampilan dan agar ban tidak bersentuhan dengan spakbor. sementara ini saya sedang hunting ukuran maksimal untuk ban belakang, beberapa kali saya coba menghitung ban belakang masih dapat menggunakan speksifikasi 140 / 70 R17. Apabila menggunakan spesifikasi di atas itu saya tidak yakin karena kebar velg yang kurang memadai yakni hanya 3.5" .

Salam blogger http://oto-magazine.com

Risdiken said...

buat Bro Andre Purnadi, Imam Khan & Dylan Kaunang, terimakasih atas tipsnya. sangat bermanfaat bagi bikers lainnya.

Anonymous said...

Mx king itu body sporty ukuran motor kecil besar pemakai dari pada kendaraan handling nya tetap mantep.... ukuran ban jangan di kotak katik... menjaga handling nya...
Knalpot sebaiknya juga gitu jangan di ganti... jaga umur mesin.. knalpot racing merusak mesin....

Cuma SArannnn saya..
Itu tergantung si pemilik.. 😊

Unknown said...

PENGEN NANYA NIE BRO,... ITU UNTUK SPAKBOR KOLONG MANTAP PISAN UI,
KALO BOLEH ANE TANYA, ITU PAKE SPAKBOR KOLONGNYA MOTOR APA YA???... APA PERLU ROMBAKAN LAGI TERHADAP KEDUDUKAN BAUT PADA LENGAN AYUNNYA

THK'S BROO

Risdiken said...

buat bro dafri : itu pakai punya Byson bro. ya ada ubahan dikit kok gampang masangnya.

10ryo said...

Yang diubah bagian mananya aja bro spakbor bysonnya? Ane mau masang juga nih, kalo boleh tutorialnya

10ryo said...

Yang diubah bagian mananya aja bro spakbor bysonnya? Ane mau masang juga nih, kalo boleh tutorialnya

Unknown said...

Klo pke ban 90/80 17 gk nyangkut spakbor dpn kh bro???

Unknown said...

bro, mau tanya nih. MX king' saya goyang pas lepas tangan di kecepatan 20-30km/jam. masalahnya di ban atau di komstir? makasih bro

Unknown said...

@bro Budy Suryanto: motor rakitan kapan gan? lmyn banyak yg ngalami setang goyang pas lepas tangan. ada yg ganti ban naik satu step lmyn berkurang (tp tidak hilang total goyangnya)

Unknown said...

2015 gan, rencana emg mau saya naikkan satu step. yang saya bingung sebenernya masalah utamanya dimana antara laher depan, ban depan kurang besar, komstir, bisa Arm, atau shock belakang yang terlalu keras (soalnya menurut saya terasa keras sekali). mohon pencerahannya gan. makasih

M arif said...

Andai ganti ukuran ban belakang 100 gmna bro

Unknown said...

Gan giaman pasang spakbor kolong byson di mx king, kasih tutorial di youtube donk

Unknown said...

Gan.... Tolong fotoin donk lbh detailnya spakbor kolong byson di mx king Nya(Wa 0821-5242-2254) tankz gan

Anonymous said...

Ane pake MX-King jg pakai ban FDR Blaze 90/80-17 dan belakang 120/70-17, lebih stabil dan mantap utk cornering dijalan umum.

Risdiken said...

trims bro infonya

W.Gunawan said...

gan,, kalo misalnya velg belakangnya ganti pakai ukuran 4.5 inch apakah muat di arm standar mx king?

Risdiken said...

buat Bro W.Gunawan : cukup tapi ban max 130. solusinya ganti arm cari di jual beli online banyak.

Anonymous said...

gan, kalo mau ganti ban depan jadi 90/80 harus modif ke spakbornya ga? ato ganti velgnya gaa? ato bisa langsung pasang bannya aja?

Unknown said...

saya ganti ban depan mx king saya ke 90/80 g perlu rubah spakbord tpi emng manuvernya agak kurang lincah klo saran saya ke 80/90

Risdiken said...

buat bro Anonymous : harus bikin pangkon baut slebor depan di bubut di bengkel bubut.

buat unkno : trims infonya