Sunday, October 18, 2015

Kalau motor serius dirawat pasti performa akan seperti baru terus

setiap bikers pasti ingin motornya seperti baru terus, tapi hal itu susah terwujud karena banyak yan kurang peduli dengan motornya. kalaupun peduli kadang setengah setngah, jarang banget yang benar-benar dirawat dengan betul. aku menulis ini karena mendapat inspirasi yang aku alami. karena terlalu fokus ke pekerjaan aku kurang melakukan perawatan pada beberapa motorku. hal ini diperparah yang memakai motor bebek supra x 125 helm in ini gak satu orang, saudara-saudaraku dan kadang tetangga juga pernah memakainya.

akibatnya motor supra x 125 helm in ini kamratnya kena. awalnya cuma bunyi gak begitu keras, dan akhirnya bertambah keras setelah di pakai si adik dengan gaya ngetrack. bunyi makin keras, dari jarak jauh sudah kedengaran berisiknya. ya karena sudah parah aku bawa ke bengkel. apesnya dari bengkel resmi honda maupun rumahan gak ada sparepart yang dicari =_=. ya akhirnnya muter-muter kota sidarjo dan nemu juga. setelah itu di bawa ke bengkel terdekat katanya sparepartnya beda bukan dibeli. wuduh tambah ruwet jadinya. setelah muter-muter lagi nemu juga dan langsung dipasangkan plus ganti oli juga. 

si mekanik bilang kalau ini motor gak pernah ganti oli jadinya oli sudah jelek ngerusak di dalam mesin O_O. ya aku kaget, jaman supra x 125 karbu dulu lama sekali baru ganti oli karena belum sempat eh masih enak dan gak rewel. kalau yang sekarang sudah kayak gini. apa olinya palsu? entahlah. soalnya oli yang aku pake BM1 memang sudah lama aku langganan pakai dan halus di mesin (Supra x 125 karbu dan Revo 100cc). ini juga gak salah olinya, bikersnya yang memakai kan macem-macem jadi gak heran cepet rewel karena terkadang ada-ada saja memakai motor secara kasar. 

setelah service beres aku pakai dan aku rasakan sensai motorku ini. hasilnya wow seperti baru lagi! padahal service ringan dan ganti oli sudah ngacir kayak baru lagi. yang semula agak bosen memakai motor bebek dan kangen dengan matic jadi betah lagi memakai bebek supra x helm in yang sebenarnya milik adik ini. jadi kalau motor bener-bener diarawat (service & ganti oli rutin) dijamin feelingnya akan sama terus seperti baru, apalagi dengan bahan bakar yang lebih bagus pastinya mesin enak terus. memang ngerawat harus rutin tapi gak harus lebai. kadang ada-ada saja tiap 500 km sudah ganti oli, menurutku sih berlebihan walaupun semua itu terserah bikernya. paling gak 1000 km sekali ganti masih wajaran performa gak drop.

mari kita rawat bersama-sama motor kita saudara/sahabat bikers sekalian agar motor kita yang juga merupakan partner & kaki kita tetap prima dan siap mengantar kita kemana saja. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: