Saturday, October 10, 2015

dahulu kredit motor susahnya minta ampun, sekarang gampangnya minta ampun

Sekitar 8-6 tahun lalu kredit motor itu susah banget bahkan bunganya sangat tinggi dan menggila. persaratanpun ribet dan ruwet gak kayak sekarang. agar dapat lolos survei baru bisa mendapat motor kreditan itu susah dulu. memang tergantung banknya juga, seperti tentangga membeli motor Vario ternyata setelah mengajukan kredit dan disurvei gak lolos ngambil motor merk lain ternyata lolos. jadi harus milih-milih bank, walaupun ada yang gak terlalu ketat surveinya tetap saja masih susah. itupun DP sangat tinggi dan angsuran masih mahal juga.

sekarang sudah berbeda, kebutuhan motor semakin tinggi calon pemeblipun sangat membludak. jadi tergantung bank mana yang gampang meloloskan survei dan bunga ringan ya diburu pembeli (tergantung sales juga). makanya gak heran anda beli motor, contoh honda pasti banyak pilihan kreditnya, ada FIF, Adira, WOM, OTO dan lainnya masih banyak. dahulu ya cuma 1-2 sekarang sudah menjamur bank-bank yang menerima kredikan motor dari dealer. gak masalah survei saja, DP pun semakin ringan! gimana gak ringan sekarang Mio 125 Blue core ada yang DP 100rb saja dan rivalnya si honda juga begitu malah lebih awal memberi DP ringan seperti Beat FI cuma DP 100rb saja seperti mio tadi.

sekarang kredit motor sudah gampang minta ampun, bawa uang 100rb ke dealer motor baru langsung ngomong sama sales 5 menit langsung survei dirumah. itupun sudah dapat dipastikan lolos kemduian nunggu antrian motor dikirim, gak sampai 1 jam motor sampai atau bisa ambil motor dari dealer bawa pulang sendiri! apalagi anda membeli motor 250cc ke atas survei lebih mudah karena sudah tau sales dan bank kalau calon buyer beneran punya duit karena berani ambil motor yang  harganya diatas motor-motor lain (2x lebih mahal dari motor sport 150cc). dan biasanya ada yang berani DP sampai 50%. kalau sudah begitu gimana gak lolos? sudah pasti lolosnya. nah bisa jadi survei cuma sekedar formalitas saja karena mereka beneran percaya, kan DP saja berani sampai 50% dari harga motornya. 

jaman telah berubah, dahulu kredit ribet sekarang gampang. persainganpun gak terjadi antar pabrikan motor, tapi bankpun juga ikut bersaing dengan pasang harga kredit yang makin terjangkau dan makin mudahnya proses survei. kalah mudah gini ya bikers yang di untungkan, tapi ada dampaknya kalau moto membludak begini harga bekas pasti anjlok. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: