Wednesday, August 2, 2017

Terlalu main rpm tinggi oli mesin bisa menguap?

Hal aneh terjadi pada motor saudaraku. Anehnya oli mesin menguap dan tinggal 0,4mlm saja perjalanan PP jawa tengah sampai rumah. Mungkin banyak yang berpikir dari olinya karena banyak yang seperti itu tiba-tiba menguap karena terlalu lama gak ganti. Nah ini masalahnya sebelum berangkat sudah ganti berarti masih baru kan, gak mungkin menguap semudah itu. Ada yang rembes pada motornya? Gak ada sama sekali. Jenis olinya juga bukan jenis yang mudah menguap soalnya aku juga pakai gak pernah menguap selama lebih dari 5 tahun mulai motor bebek, matic sampai sport 250cc.

 Jadi kenapa bisa menguap dan tinggal 0,4ml? Aku terus berpikir untuk menyelidiki penyebabnya dan ada sedikit teori kenapa sampai menguap. Melihat cara saudaraku pakai motor dia biasanya selalu main di rpm tinggi walau bukan berarti ngebut. Seumpama cuma jalan 50km/h dan gear 2 masih biasa jalan segitu walau rpm sudah terlu tinggi dia gak menaikkan gearnya. Jadi walau gak dalam kecepatan tinggi tapi rpm tetap tinggi otomatis mesin lebih lelah. kan seharusnya bisa lebih ringan yang membuat mesin gak begitu keras kerjanya dengan di masukin ke gear berikutnya agar beban mesin berkurang. 

Sayangnya di buat terus kerja keras soalnya terus jalan di rpm atas. Nah itu dilakukan pp mencapai 500km kurang lebih kan otomatis sangat sangat terforsir mesinnya, jadi mungkin karena itu olinya jadi menguap. Ya itu teoriku saja mungkin ada penyebab lain tapi sulit ketemukan soalnya dia rawat motor begitu perfeksionis hehehe. Sahabat punya pendapat?  Silahkan di share di komentar. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: