Sunday, August 6, 2017

Pemilik bengkel hebat belum tentu karyawannya hebat dan jujur

Jaman masih pakai CBR250R dulu
bikers di Negri ini susah meneurtku urusan service walau gak semuanya sih. tapi mencari mekanik pas sesuai keinginan bikers itu susah minta ampun. entah itu bengkel resmi atau bengkel biasa sama saja. makanya bila di bengkel resmi ada mekanik handal disini rata-rata out dari dealer/bengkel resmi dan buka sendiri, otomatis pelanggan dealer/bengkel resmi itu juga pergi bersama mekaniknya. aku pernah lihat di bengkel honda di suatu tempat enak ini bengkelnya di rekomdasi teman aku coba memang mantap, tapi mekanik tertentu. bengkel itu ruame banget, tapi setelah mekaniknya ganti jadi sepi malahan. ya seperti kasus yang aku bilang tadi.

naah susahnya bikers sini bila ke bengkel resmi takutnya pertama kena biaya lebih banyak. dikit-dikit ganti part kalau ada yang gak enak dikit, dompetpun lebih cepat terkuras hehehehehehe. dan itu terbukti, di dekat rumah ada bengkel resmi dan biasa lokasinya gak jauh. dan bila ada yang bawa di bengkel resmi kena biaya banyak sedangkan dengan kerusakan yang sama di bengkel biasa lebih ringan 50% lebih malahan karena part gak langsung ganti, masih bisa di perbaiki gak? kalau bisa ya di perbaiki dan gak usah ganti, motorpun kembali sehat.

kendala yang kedua mekanik kurang handal, banyak yang kurang handal daripada handal. kalaupun ada kadang males ngerjain yang susah-susah nyari gampangnya saja. service ringan dilayani, agak berat kadang ada yang beralasan ini itu yang akhirnya gak jadi service situ. jadi ke bengkel resmi banyak dilemanya, selain dikitt-dikit ganti part, mekanik masih di pertanyakan kemampuannya soalnya yang handal kataku tadi kebanyakan buka sendiri. oke lanjut ke judul ya kejauhan bahasan diluar judul tapi ada kaitannya makanya aku tulis juga.

nah bila yang buka sendiri mekaniknya dan laris manis sampai-sampai gak bisa ngatasi banyaknya bikers yang service tentu kan butuh tenaga yang banyak, gak mungkin handle semua, bisa-bisa motornya banyak yang nginep. karena itu kalau sudah laris manis dan besar bengkelanya tentu butuh karyawan yang tentu juga mekanik sama dengan bossnya seorang mekanik. tapi mekanik yang bukan pemiliknya ini yang susah, kadang gak sehebat mekanik aslinya (yang buka bengkel tadi). jadi seumpama kata orang si A buka bengkel, bagus servicenya. ternyata setelah di coba kecewa karena beda mekanik rasa motornya gak sesuai harapan.

hal itu karena mekanik yang nanganin kurang handal gak seperti yang punya bengkel. orang yang punya bengkel melegenda sekalipun punya bengkel ya kalau dia sendiri yang nanganin enak, kalau karyawannya yang nanganin ternyata ada yang gak enak motor jadi kurang sreg di pakai rasanya kan merugikan. syukur-syukur gak begitu enak, kalau apes motor setelah di service malah jadi rusak lagi setelah agak lama jadinya sering balik ke bengkel (kena akalin mekanik) kan kasian dan sangat di rugikan itu bikersnya. parahanya lagi kadang ada yang menukar part motornya malah lebih ngeri lagi sampai seperti itu.

ya gak semuanya begitu sih, dan gak semua bikers mengalami seperti itu, gak selalu juag bikers selalu di tangani mekanik gak handal di resmi, tapi ya kebanyakan begitu berdasarkan pengalaman sendiri dan orang-orang yang aku kenal saat ngobrol bersama mereka mengenai service motor. ternyata di daerah lain banyak juga yang bercerita seperti itu, jadi hampir sama. jadi ada bengkel dengan nama orang yang hebat (mekanik handal dan semacamnya) dan sudah terkenal orangnya belum tentu sih karyawannya handal dan hebat seperti orang tersebut. 

jadi jangan terpancing dengan embel-embel kehebatan mekanik utamanya atau yang punya. pastikan dulu walau gak yang punya asli tapi teteap hebat, coba tanya yang pernah service di situ enak gak? apa sering kena trobel malahan setelah bolak balik ke situ atau ada kasus part di tukar? kalau gak ada masalah baru deh coba di situ hehehehe. di bengkel resmi juga begitu, kadang ada lho motor malah gak enak setelah di service, jadi ya cari info dulu bila mau service baiknya. kalau gak ada yang ngasi info atau gak ada yang tau? ya berdo'a saja hehehehehe.

tapi ya gak mungkin kan gak ada yang ngasi info, kita punya teman dan tetangga pada punya motor semua hehehehehe. jadi lebih baik tanya-tanya dulu, kalau gak nemu yang enak di sekitar oke ya tinggal berdo'a saja yang penting sudah usaha. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: