Thursday, August 17, 2017

Dari 250cc mau naik moge memang perlu penjenjangan, tapi ada kendalanya

Memang banyak yang nyaranin bila ingin naik moge perlu penjenjangan karena powernya beda sangat jauh dari motor 250cc kebawah. Masalahnya bila melakukan penjenjangan ya habis berapa ya dana yang di keluarin? Pasti banyak juga. Seumpama beli ER6N seken 80 jutaan, atau baru 165 jutaan. Itu saja sudah banyak. Belum lagi naik ke 600cc 4 silinder juga mahal, jual moge bekas kan turun banyak, bila beli 600cc baru paling tidak nambah 2x lipat lagi dana sebelumnya. Beli bekas pun walau gak sebanyak itu tetap gak sedikit. Belum lagi kalau naik ke 1000cc. Duit nganggur sih oke-oke saja, kalau ingin moge ada dana tapi mepet banget budgetnya kan cuma bisa beli 1x.

Ya berjenjangan memang lebih baik, tapi ya kendalanya dana yang menghantui. Solusinya? Ya gak apa sih beli langsung 600cc-1000cc 4 silinder asal kita sadar diri. Maksudnya ya kita baru naik ke 1000cc dari 150-250cc, jadi dengan mesin yang lebih besar otomatis power jauh lebih agresif dan berat motor juga lebih dari motor 250cc kita harus ngerti kita belum terbiasa dan butuh adaptasi agak lama. Jadi gak perlu keburu di gas terlalu dalam dan gak perlu gaya macem-macem. Yang penting bisa bawa motor dengan aman sudah cukup gak perlu harus kencang bawa moge (lihat sikon sih, kalau sepi terlalu pelan bisa kena begal). Punya moge syukur-syukur deh jangan buat gaya dulu hehehe. 

Baru kalau sudah benar-beha menyesuaikan boleh lah gas dalam-dalam tapi ya lihat tempat dan sikon. Contohnya ya buanyak kok, lihat saja Vlogger muda di youtube. Dari 250cc langsung loncat ke 1000cc gak ada masalah. Itu tadi kuncinya, bawa motor buas ya harus jinakin pelan-pelan hehehe. Mau naik kelas ke moge sahabat sekalian?  Gak usah galau deh, sesuaikan dana dan pilihan paling sesuai di hati. Walau lompat terlalu tinggi gak masalah asal bawa motornya hati-hati dulu. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: