Wednesday, August 30, 2017

R25 baru siap rilis, PRnya sudah dibenahi?

Berita dari Wak Haji tmcblog.com cukup gamblang dan kelas tentang bocorannya pada R25 berikutnya. Selengkapnya bisa baca langsung disana ya. Dari yang kita baca cukup tegas dan berani yamaha dengan calon R25 baru ini. Tapi di seri yang sekarang ini kan banyak PR yang harus di benahi yamaha, apa sudah beres semua? Ninja saja santai gak rilis-rilis yang baru, ini yamaha sudah mau update R25. PR apa saja yang harus dibenahi?

1. Kualitas cat harus beneran bagus, soalnya aku lihat sendiri cat si akame ini kurang bagus bahkan adiknya di Vixion saja lebih mantap kualitas catnya. Parahnya cat fairing depan ada yang cuil atau mengelupas. Ini motor di atas 50 juta dan barang lokal kayak gini?  Bunuh diri namanya. 

2. Material body juga harus berkualitas. Banyak yang komen tipis bodynya, kurang bagus dll pokoknya. Sebagai pengguna R25 memang aku rasa kurang mantap, apalagi di jejerin Ninja Fi ya lumayan keras bedanya. Ya hikmahnya sih fairingnya murah. Bila ada crash beli fairing baru gak mahal (kata temanku yang ngecek harga soalnya mau ganti fairing baru).

3. Suspensi belakang harus link! Adik-adiknya saja pakai link kok kakaknya gak pakai kan malualuin. Walau yang sekarang gak pakai link tapi handling lincah sekalipun tetap harus ada linknyan. Ini kan juga prestis bagi motor sport apalagi 250cc. Masa iya suspensi depan sudah upside down eh belakang monoshocknya tanpa link? 

4. Body boleh bagus asal jangan slim. Kalau body bagus tapi body slim ya kelihatan kurang gagah akibatnya kurang diterima takutnya nanti. Jadi selain body wajib bagus, dimensinya juga harus besar. Yang sekarang saja segi tangki sudah kelihatan kebanting bila di jejerin Ninja seperti yang sering aku bahas. 

5. Kualitas mesin atau ketahanannya. Jujur saja pertama makai si akame memang powernya bukan main. Di trek motor sesama 250cc (pas CBR250RR belum ada) pasti gak bakal nyesel ngerasain perbedannya powernya. Rpm sampai 15.000 cukup mantap, tapi walaupun kencang dan powernya mantap aku rasa kualitas mesin kurang. Aku buat tanjakan dan boncengan berdua terlalu sering motor kerasa bunyi berisiknya. Entah camrat atau apa kurang tau. Pokoknya jadi gak enak setelahnya. Motor merk sebelah-sebelahnya kayaknya gak ada masalah tuh. 

Jadi ini perlu di perhatikan mesinnya. Gak lucu kan powernya di atas CBR250RR katakanlah tapi di buat terforsir dikit mesin sudah bermasalah sedangkan yang lain gak ada masalah. Jadi ini juga penting harus di perhatikan. Kalau masih seperti sekarang dan kurang enak ya dari mulut ke mulut nyebar imej bisa tercoreng. Apalagi kita tau sendiri kadang orang ngomong kan di tambah tambahin. Iya kalau tambahan bagus, kalau gak kan ya rugi. 

6. Pelayanan jangan cuma omong kosong. Oke, katanya dulu R series kalau service dapat prioritas service duluan. Jadi ada mekanik khusus R series entah R15 atau R25. Kita service gak perlu antri langsung di tangani bila gak ada R Series lainnya. Nyatanya?  Banyak yang gak begitu! Disini rata-rata tetap antri sama motor lainnya. Mana janjinya dulu? Ini juga harus dibenahi soalnya kalau tercoreng ya tentu imej makin buruk. 

Yang sekarang saja sudah mau kering penjualannya bila di ibaratkan air, kalau gak berubah jangan heran walau produk bagus konsumen lari ke yang lain. Kemudian kalau atasan ngomong jangan sampai bikin konsumen yang memilih produknya di buang begitu saja, sama saja kita beli barang zonk dong kalau sampai begitu. Ini itulah dll. Ini juga harus di perbaiki biar konsumen sangat puas. 

7. Barang lokal harga built up. Ini juga jadi biang kerok salah satu yang bikin penjualan R25 mulai lesu. Harganya setara built up kualitas kurang oke. Ya boleh lah mahal asal kualitas beneran bagus. Jangan terlalu pede malah kurang sukses di tengah jalan. Dengan banyak kekurangan seperti yang aku sebutkan di atas tapi harga cukup tinggi ukuran motor lokal, ya sulit lah bersaing. Apalagi kompetitornya sudah punya nama kuat.

Nah PR yamaha kurang lebih ada 7 yang harus di benahi agar bisa bersaing dengan lainnya. Ini cukup vital lho. Percuma saja performa oke tapi lainnya kurang kayak yang sekarang ini jadinya atau sama saja. Powernya oke tapi kekurangan masih banyak sini situ. Menang urusan motor 250cc jangan mengharap motor sempurna deh, kalau mau sempurna ya beli saja moge 600cc ke atas 4 silinder, di jaminan sempurna semua. Oke motor 250cc gak bisa terlalu di harapkan tapi tentu jangan kelewatan kurangnya seperti yang sekarang. Semoga next R25 makin mantap kayak R15 baru ysng desainnya gak mengecewakan dan fitur sudah aduhai. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: