Monday, July 4, 2016

Terkadang anak kecil lebih pintar di jalan daripada orang dewasa

Namanya juga orang Indonesia apalagi yang tinggal di pulau Jawa yang padat ini pasti sebagian besar pernah naik motor. gak cuma orang dewasa, tapi anak-anakpun juga. bukannya mendukung anak di bawah umur naik motor tapi aku cuma bercerita sisi lain tentang mereka. ternyata mereka ada juga yang santun di jalan. bahkan mereka lebih baik dari orang dewsa cara mengemudinya. aku sering banget hampir senggolan atau tabrakan gara-gara orang naik motor ngawur seperti masuk ke jalan raya gak lihat-lihat dulu jadi ada kendaraan gak tau, sudah tau mepet dan memhayakan tetap dilewati saat jalan padat dan arogan. sikap seperti ini sebagian besar dimiliki pengguna jalan gak hanya motor, mobilpun juga. makanya gak heran kecelakaan makin tinggi.

hal itu malah sebaliknya bila anak-anak yang menyetir motor, mereka lebih hati-hati. saat aku hendak belok ngiri dan nyalakan sein mereka ngerti dan nyalip sebelah kanan, padahal situasi serupa tapi yang dibelakang orang dewasa malah tetap menyalip sebelah kiri padahal sudah sein ke kiri aku. sering banget seperti itu, kadang orang dewasa mau belok gak ngesein dulu jadinya hampir terjadi tabrakan. sedangkan anak-anak dari jauh sudah menekan tombol sein, jadi kalaupun ada di depan motorku mau belok aku jadi ngerti dan sudah siap-siap. sudah kecil saja sudah santun kalau besar juga begitu, sebaliknya orang dewasa yang ngawur-ngawur itu biasanya dari awal mengendarai motor/mobil sudah sembarangan, karena gak ada yang membibing, kesalahan itu berlanjut sampai usai mereka sudah dewasa bahkan tua, makanya jangan heran melihat orang sudah bapak-bapak atau kakek ngawur di jalan.

masalah ini bukan dari IQnya, tapi memang sifat orangnya, soalnya ada juga orang pintar di sekitarku yang IQ tinggi tapi kalau di jalan ngawur. jadi berubah 180 derajat dari orang pintar jadi orang sembrono di jalan. dan itu gak 1 orang saja malah banyak banget. jadi buat sahabat bikers dan pengguna jalan lain yang baca ini bila punya anak/saudara hendak naik kendaraan pertama ya pastikan benar sudah cukup usia, kedua paling penting tata cara berkendaran dengan disiplin dan benar agar aman di jalan dan keamanan bagi pengguna jalan lain. bila dari awal sudah ugal-ugalanan ngawur dan gak ada yang negur bisa makin parah dan membahayakan orang lain. memang semua dari hati sih, tapi paling tidak kita sudah berusaha maksimal agar anak/saudara lebih baik dalam mengemudi/nyetir kendaraan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: