Sunday, July 24, 2016

konsumsi bahan bakar Matic 150cc vs sport 150cc ternyata matic leboh boros, tangki harus dibessarin lagi

Saat Touring ke Coban Tundo Malang aku bersama adik ipar kesana dengan membawa motor yang berbeda. aku Vario 150 sedangkan adik Vixion Advance dengan ban cacing. nah anehnya saat pulang si adik bertanya: "kok isi bbm berkali-kali sih mas? aku saja 2x cuma Rp.25.000 sekali isi sedangkan mas sudah 3x sampai Rp. 65.000." aku jawab : "iya dek, ya gak tau kenapa ini boros banget" dia kemudian balas bilang : "ya pantes mas wong motor mas ini kencang, aku saja ngikut dari belakang kesulitan ngejar. buat tanjakan juga kayak gampang banget padahal gak pakai ancang-ancang" padahal saat itu situasi ban cacing otomatis lebih kencang dan bobot penumpang aku lebih berat sama-sama boncengan. 

memang dari segi torsi/tarikan motor lumayan di putaran 0-100km/h, tapi naik ke atas sudah lumayan berat top speed pun juga gak seberapa dibandingkan motor sport 150cc. enak saja sih buat stop and go kemana-mana kan 100km/h sudah terlalu kencang untuk matic walau torsinya memang bisa ngalahin sport 150cc (gak semua sport 150cc sih, beberapa saja dan tergantung mesin sportnya fit apa gak). mau touring juga bisa lebih cepat sampai kalo stop and gonya cepat kan sering banget berhenti dan kalau agak rame kan gak mungkin bisa puncak top speed, jadi 100km/h sudah luamyan (bagiku kurang) hehehe. 

jadi kesimpulannya motor matic lebih boros dari sport 150cc (Vixion ternyata irit juga), tapi unggul di tarikan bawah, kalau atas lumayan. buat stop and go sudah cukup. jadi kalau bisa seharusnya tangki motor dibikin lebih besar lagi biar gak bolak balik ngisi. touring motor matic 150cc sama sport 150cc sih asik-asik aja, jelas bisa ngimbangin tapi kalau dikit-dikit ke pom bensin kan ya gak enak, lainnya masih banyak motor kita bolak balik ngisi. kalau matic lebih boros tapi top speed gak banyak begitu apa bisa di timbang anatra milih sport atau matic? kalau menurutku jawabannya bisa!

soalnya dari segi top speed sport memang oke, tapi stop and go plus kenyamanan matic kan lebih unggul walau harus di bayar dengan konsumsi bbm yang lebih boros dari motor sport. tapi kata tetangga pengguna vario 150cc sekarang motornya irit tapi tetap bertenaga setelah service, jadi bisa juga karena setitngannya. aku sendiri sih masih service ini motor cuma 1x dan rasanya gak begitu ada bedanya. mungkin tergantung mekaniknya. semoga saja kedepan honda bikin motor matic dengan tangki yang lebih luas. kalau N-Max kan sudah lumayan 6,61 liter. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: