Friday, July 8, 2016

Bila motor bebek masih selaris dulu, mungkin yamaha dan honda akan memiliki basis penggemar masing-masing yang sama kuat

Motor bebek memang sebentar lagi akan makin dikit populasinya dan mulai bergeser ke bebek sport. segment bebek sport inipun masih dijadikan rebutan antara yamaha dan honda karena permintaan motor ini juga masih tinggi bahkan lebih tinggi dari motor bebek biasa. melihat dimasa lalu persaingan antara honda dan yamaha dulu sangat sengit saat sama-sama ngandalin motor bebek sebagai senjata utama sebelum motor sport dan matic menjadi lebih populer. honda terlalu pede dengan supra x 125 & revo generasi pertama tak ketinggalan supra fit. sedangkan yamaha dengan jupiter z, dan vega r. bila saja matic gak selaris sekarang dan pasar motor bebek sekuat dulu seperti di vietnam sekarang ini pasti pertempuran gak seperti sekarang dan terus semakin seru. kenapa bilang begitu? 

itu karena yamaha dan honda memiliki peminat motor dari kalangan yang berbeda. ya bisa di tebak, kalau honda dari kalangan orang yang sudah berkeluarga karena mengutamakan kenyamanan, sedangkan yamaha dari kalangan anak muda yang masih sekolah atau baru kerja/anak kuliahan karena performnya tentu disukai anak muda. nah karena memiliki peminat yang berbeda itulah susah akan berat sebelah jadi imbang terus menurutku. sekiranya anak muda sudah matang dan fokus pada kerjaan dan keluarga ingin motor yang lebih nyaman motor supra akan dipilih sedangkan yang baru jadi anak muda biasanya motor yang sporty di incer hehehehe. aku menulis ini karena terinspirasi dari kehidupanku sendiri. sekarang ini memakai bebek supra x 125 helm ini manfaat banget. 

setangnya tinggi jadi enak nyaman, kemudian suspensi juga lumayan, bagasi luas sangat membantu untuk bawa barang, dan satu lagi iritnya bisa diandalkan untuk yang sudah berkeluarga karena ekonomis bisa hemat uang banget padahal urusan bbm saja. kalau vario 150 gimana om? itu sih boros, bahkan lebih boros dari sport 150cc contoh vixion. aku tau begitu karena touring bersama si adik ipar bawa vixion dan ternyata vixon lebih irit. tapi dengan boros begitu jangan pandang sebelah mata, performa bisa ngebuat vixion lighting si adik sampai keteteran ngejar padahal aku lebih berat bebannya. kalau anak muda naik motor honda? pasti di rubah bakalan di bengkokkan setirnya dan dipendekin, tempat duduk diseset tipis, kalau gak ya beli motor yang sporty gayanya seperti motor bebek yamaha yang sudah terlihat aura sportnya. 

memang R25nya mana om? bulan puasa aku kandangin saja di rumah cuma di panasin, baru deh saat bulan puasa selesai pakai lagi saat gak bersama keluarga hehehehehe. aku ingat saat jaman SMA dulu, teman-teman suka banget sama motor yamaha terutama jupiter z, setelah itu shogun 125. hal itu membuktikan anak muda sangat suka motor yamaha dan sebaliknya orang dewasa lebih butuh motor nyaman bukan kencang. aku saja juga suka motor jupiter z dulu, tapi ortu sudah punya supra ya pakai saja. apalagi saat baru lulusan SMA pakai motor maunya slintang slintung dan ngebut gak karu-karuan padahal itu salah. namanya darah muda hehehe, ya untungya saat itu gak sampai crash. malah saat hati-hati dibikin crash orang lain =_=. 

ingat-ingat jaman SMA sampai baru lulus dulu motor bebek menjadi raja jalanan bukan matic seperti sekarang ini. dan seperti yang aku bilang tadi, penggemar kedua merk beda kalangan jadi gak ada yang terganggu. urusan banyak dikitnya penjualan pasti selisih dikit-dikit gak sampai parah. tapi sejak ada matic sudah deh bubar masa itu. karena orang beli matic awalnya mencari kenyamanan/kepraktisan. jadi para orang tua beli motor ini buat kerja enak gak ribet oper gear, lebih nyaman dan praktis. sedangkan anak-anak yang gak punya plilihan terpaksa make motor matic ortunya lalu tambah jadi suka karena biarpun transmisi otmoatis ternyata performanya lebih nendang. jadi sudah deh banyak yang terbius pada motor matic. 

dan ternyadinya berat sebelah antara yamaha dan honda dalam penjualan motor matic bukan sekedar strategi penjualan saja tapi juga yamaha masih mempertahankan gaya sporty pada motor maticnya tanpa menambah kenyamanan jadi gak heran banyak yang beralih ke honda. kan beli matic nyari nyamannya kalau kurang yaa bakal naggung bakal ditinggalin. jadi yamaha sebenarnya gak perlu niru bentuk motor honda, cukup dengan tampilan keren khas yamaha sudah bisa narik bikers beli asal kenyamannya gak kalah dengan honda. cukup itu yang harus dibenahi yamaha agar bisa sukses sepeti honda selain strategi penjualannya. salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: