Friday, May 5, 2017

SOHC VVA sama dengan DOHC, kenapa gak di bikin DOHC sekalian?


oke bahas SOHC VS DOHC yang sudah basi lagi ya wkwkwkwkwkwk. ya aku cuma kepikiran saja ingin membahasnya. kali ini bukan bahas Honda VS Yamaha ya, tapi keseluruhan soalnya sekarang Suzuki sudah ikut terjun di dunia motor sport. nah R15 V3 powernya kan 19ps beda tipis sama GSX-R150 yang juga 19ps beda 0.1 atau berapa lupa aku. intinya beda tipis. SOHC dengan VVA power sama dengan DOHC kan kalau begitu, kenapa gak DOHC sekalian? memang sih akan terlihat keren itu motor ada embel-embel VVAnya. tapi mesinnya tetap saja SOHC. biar umum seharusnya Yamaha bikin DOHC saja, kan gak sedikit yang beranggapan DOHC lebih unggul. memang di lapangan gak beda jauh atau nyaris sama bila cuma 150cc, tapi orang berpikirnya kurang positif terhadap SOHC, jadinya masih kurang suka dengan mesin SOHC padahal nyaris sama.

oke sih Yamaha tetap pertahankan SOHC agar tetap bisa buktikan walau SOHC tetap bisa tangguh. apalagi dengan VVA power meningkat dan bisa ungguli mesin DOHCnya si Honda. ya ini patut di apresiasi, konsisten dengan apa yang sudah di pegang selama ini. tapi kalau terlalu kaku ya gak baik juga. kayak Honda dulu kaku buktinya si yamaha embat motor sportnya, ya kan. sekaku-kakunya Yamaha tapi desain bagus dan SOHCnya superior ya oke sajalah, tapi ya tetap agak sia-sia bila lihat powernya GSX-R150. lah sudah susah payah riset dan hasilnya maksimal eh si Suzuki pakai DOHC biasa sudah bisa menyamai. Tau gitu menurutku DOHC saja sekalian sudah gak ada embel-embel SOHC lagi tapi powernya sama maksimalnya. Tapi berhubung yamaha ingin konsisten dengan SOHC tapi power optimal ya jadilah SOHC + VVA. Ya kita lihat saja apa si R15 V3 & Vixion R cukup di terima atau kurang di terima?

Kalau di terima ya syukur, kekonsistenan mereka di terima dengan baik. Kalau gak ya apes saja, apalagi ada GSX 150 series yang mulai makin di pilih oleh bikers. Tapi performa nomor 2, kayaknya desain motor yang paling berperan penting. Kalau bisa sih 1 & 2 sama-sama imbang, kalau gak ya yang di cari desainnya. Walau begitu pabrikan gak boleh terlalu mengabaikan yang nomor 2 di atas hehehe. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: