Monday, May 29, 2017

kelemahan sport yamaha dari moge sampai 150cc


Oke masih bahas tentang yamaha ya. Kali ini bahas sport fairing dari moge sampai yang paling kecil 150cc. Pasti gak sedikit bikers yang suka motornya yamaha karena desainnya memang oke punya walau kadang desainnya yang bagus gak selalu beraura khas yamaha. Contohnya Vixion advance & lighting kan kalau di lihat pasti banyak kemiripan dengan CB1000 si honda. Begitu juga dengan R15 V3 yang bagian depannya ada kemiripan dengan CBR600RR sering yang lama. Itu kalau desainnya gak murni aliran khas yamaha, kalau aliran khas yamaha juga keren tapi gak di semua sudut terlihat indahnya. 

Kita lihat saja R1 2 generasi sebelum generasi yang sekarang pasti terlihat keren dari samping benar-benar aduhai. Dari belakang oke punya, saat dari depan aah kepala lele (kata FBH hehehe). Coba lihat seksama kepalanya mirip R15 V2. Ya dulu keren kelihatannya sekarang jadi ketinggalan rasanya. Hal yang sama terlihat pada R15 V2 karena bagian depannya mirip banget dengan R1 2008 ke bawah. Dari samping oke, belakang oke, depan kurang bagus deh. Coba lihat R1 2009 ke atas sebelum seri yang sekarang, itu motor keren dan gagah banget, tapi sama seperti seri sebelum di beberapa sudut ada yang terlihat kurang bagus atau bahkan jelek. 

Apalagi dari depan pas gak rada kesamping kayak gak mantap sama sekali rasanya. Padahal depan agak kesamping keren, samping keren, kesamping agak ke belakang juga good, belakang gak buruk, joss deh, saya dari depan pas kurang mantap. Kemudian R6 generasi sebelum seri terbaru sekarang ini, ini adalah desain terbaik yang pernah yamaha buat. Bahkan lebih dari 10tahun masih keren di lihatnya. Tapi sama dengan r1 dari depan jarak dekat juga kelihatan kurang mantap, tapi kalau agak menjauh gagah dan keren desainnya. Selain dari depan dengan jarak dekat, semua sudut terlihat indah dan gagah. Kemudian adiknya si R25. 

Walau setang gak nunduk DNA sport fairing yamaha kental banget terasa bagi yang sering lihat moge yamaha. Pertama dari desain blok mesinnya sama dengan MT-07. Dari depan ada lampu tengah kayak R6. Lampu belakan kayak MT-07. DNA R1 seri sebelum sekarang juga terasa saat lihat dari belakang agak ke samping . Benar-benar DNA R series ada di sini! Tapi masih kalah sama Ninja karena masih kurang oke desainnya. Ninja semua sisi terlihat oke, sedangkan R25 sama seperti kakak dan adiknya, di beberapa sudut terlihat keren khas R series, di sebagian lagi masih terasa jelek. Apalagi tangki kecil seperti sport 150cc jadi kurang suka bikers jaman sekarang. R1 & R6 generasi terbaru memang banyak yang bilang jelek, lebih bagus seri sebelumnya jauh! 

akupun sependapat, tapi bila melihat di beberapa sudut masih terasa lebih keren dari yang sebelumnya walaupun kalau di komparasi tetap bagus yang dulu sebagian besar. Jadi intinya kelemahan utama sport fairing yamaha itu kerennya tidak di semua sudut bila di lihat. Ada beberapa sudut yang bila di lihat kelihatan jelek menjadi nilai minusnya. Tapi keunggulan desainnya yamaha walau auranya sama antara sang kakak (moge) dan adiknya kubikasi kecil tapi terlihat gak mirip-mirip tapi sealiran. Sedankan kawasaki desainnya joss banget tapi kelemahan dari seri moge-moge sampai 250cc terlalu mirip. Seaura plus garis desainnya gak jauh beda. Tapi yamaha mulai berbenah, buktinya R15 V3 desainnya gak mengecewakan. Oke segini dulu kita lanjut di artikel berikutnya. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: