Monday, May 15, 2017

Moge dimensinya makin kecil, mocil dimensinya makin besar


Judulnya aku ambil dari pembaca blognya om leo. Ya aku pikir-pikir ada benarnya lho. Cobaan saja jaman MegaPro & Vixion pertama dimensinya biasa banget. Kemudian Vixion lighting rilis dengan body lebih besar terlihat lebih gagah. Apalagi di kasi cover mesin di samping menurutku moge look banget. Jadi motor 150cc berevolusi makin besar. Kalau Byson dari awal sudah besar bodynya, sampai mesinnya terlihat kecil sehingga di lihat kurang pas atau kopong. Tapi ya itu sudah cukup bagus kok, buktinya sudah cukup laris Byson karbu. Baru setelah itu honda CB150R 2 keluar bikin tambah besar bodynya kayak Vixion advance. Gak lama kemudian xabre 150 juga desainnya moge banget, benar-benar replika moge hehehe. Kalau honda ya cuma Tiger awalnya memang sudah besar. Ban di besarin dikit sudah lumayan mirip-mirip moge dikit deh. Apalagi dengan ubahan pasti joss.

Nah moge dari jaman tahun 2000an kan buesar banget, kemudian agak mengecil tapi desain makin agresif. Tapi walaupun mengecil tapi masih cukup besar. Tapi mulai tahun di atas 2015 mulai banyak moge yang mulai makin mengecil dimensinya. Yang pertama ya R1. Lihat saja bodynya dari yang dulu sampai model paling baru pasti kerasa bodynya lebih kecil. Setelah itu honda juga ikutan dengan CBR1000RR 2017 yang juga secara keseluruhan dimensinya makin kecil (baca blognya om Leo). Gak sampai situ, Suzuki GSX-R1000 juga mengalami pengecilan body. Dari yang sebelumnya dengan yang sekarang bodynya lebi besar yang dulu. Jadi sudah mulai mengecil moge jaman sekarang sangat di sayangkan. Untungnya kawasaki gak mengalami pengecilan dimensi motornya (ZX10R, kalau 636 sudah agak kecil dari awalnya). Apalagi Z800 & 1000 gede pool hehehe. 

Ya untungnya hanya terjadi pada moge jepang saja pengecilan dimensinya, sedangkan moge eropa kayak aman-aman saja tetap gagah dan besar. Walau tren motor 150cc mulai membesar body/dimensinya,tapi ada juga yang jadi slim yaitu CBR150R lokal terbaru. Sangat di sayangkan yang lokal pertama bodynya lumayan besar sudah mirip moge banget. Apakah moge akan makin slim lagi kedepannya? Semoga saja tidak dan modelnya semoga makin membaik. Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: