Saturday, May 20, 2017

Motor 2 tak bila kurang perawatan performa bisa drop lumayan banyak


Motor 2 tak/2stroke pasti di idamkan banyak bikers karena tenaganya yang lebih kontan dari motor 4 tak. ngomongin motor 2 stroke ada bedanya antara jaman sekarang dan jaman dulu. bila jaman dulu bbm murah dan semanya serba murah dan gampang, pabrikan meracik motor dengan serius ke performa. lah bensin aja murah, boros mereka gak perduli bikers akan tetap senang kan bahan bakar murah. jadi power optimal kekuatannya juga sangat dahysat. versi baru memang basisnya sama, tapi power banyak yang terkebiri gara-gara knalpot euro series. biarpun di ganti dengan knalpot racing tentu gak sehebat dulu performanya walau naik drastis powernya. aku tau soalnya sering lihat RX-King dan Ninja 2 stroke. kadang ya bunyinya aja keras tapi kok larisnya biasa saja? memang gak sekencang 2 stroke dulu, tapi ini keterlaluan speednya makin melambat di banding yang biasanya. 

apa penyebabnya? mungkin dari segi perawatan kurang, powerpun bsia menurun akibatnya. aku lihat sendiri akselerasi Ninja 150R bunyinya grueeeng gureeng kencang lah kok gak lebih kencang dari si akame? dia sudah nunduk segala dan bunyi motor meraung keras tapi larinya biasa saja. bahkan jaman CBR250R punyaku yang lama pernah adu akselerasi dari kecepatan 30km/h sampai 100km/h si CBR250R bisa  nyalip dengan mudah padahal Ninja di depan. begitu juga RX-King suaranya gak kalah kencang dengan ninja kan sama-sama 2 stroke, tapi larinya kalah sama motor bebek modifan, padahal modifnya gak wah, cuma ubah ini itu. saudaraku yang mencobanya dengan motor bebek modifan sampai gak percaya RX-King yang biasanya di bilang motornya jambret bisa di kejar!

jadi okelah kenyataan itu motor 2 stroke lebih kencang dari 4 troke bahkan bila ukuran kubikasinya 2 kali lipat, tapi bila kurang perawatan ya sama saja performa bisa drop dan gak sekencang biasanya. bagi penggila speed sejati pasti ninja/motor 2 stroke lainnya di rawat dengan benar agar performa tetap optimal walau sudah termakan usia. ya lemot juga bisa karena modif salah perhitunan utak atiknya jadi makin loyo juga bisa. aku pernah di kasi tau saudaraku yang baca majalah otomotif. jadi bikin sekencang yang versi lama motor 2 stroke gampang-gampang susah. kalu pas apes ada yang salah bukannya kcepatan ndi dapat, power drop yang iya. sahabat pembaca sekalian ada yang punya motor 2 stroke? di rawat ya agar tetap kencang dan jadi raja jalanan motornya hehehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: