Monday, October 10, 2016

Vixion VS New CB 150R adalah awal perang panjang yang makin memanas

sebelumnya Vixion memang selalu unggul, bagaimana tidak, seri CB 150R genarasi pertama kalah gagah bikin bikers kurang suka yang akibatnya penjualanpun gak sesukses Vixion walau secara mesin CB lebih bergengsi karena sudah DOHC. apalagi jaringan fansboy yamaha sudah banyak jadi potensi mendapatkan lebih banyak pembeli juga tinggi. kini hal itu sudah tidak terjadi lagi karena sudah sama-sama gagah motornya tidak slim seperti dulu, dengan model yang bagus seperti sekarang CB 150R mampu bangkit & membuat sebagian fansboy lawan putar haluan. persainganpun makin memanas! bahkan saling tebar BC di kedua bela pihak selalu terlihat bila aku ke dealer masing-masing merk tersebut saat service motor. maklum aku punya motor dengan merk yamaha dan honda, jadi pernah ke kedua bengkel service resmi mereka.

memang banyak bikers yang pintar gak mudah termakan BC, tapi menurutku pastinya ada juga yang termakan. buktinya motor baru sudah launching tapi stok lama masih ada orang tetap beli, setelah yang baru terlihat di jalan dia menyesal. nah kalau seperti itu kan berarti kurang informasi. kalau kurang informasi seperti itu memang bukan berarti bodoh atau gimana, kadang kalau kurang ngerti masalah motor asal pengen punya motor keren ya sangat berpotensi termakan BC dari pabrikan motor. selain bc tentu peranan fansboy itu juga tinggi selain sales. soalnya fansboy kan dekat dengan bikers lain. 

kalau bikers lain belum punya motor sport dan ingin beli nah disitulah fansboy mulai mengarahkan pilihan ke merk yang mereka sukai dengan menyebutkan kelemahan motor lawan dan kelebihan motor yang di suka. biasanya yang seperti ini lebih mujarab daripada sales, karena kan ini masih sesama teman sendiri yang sama-sama bikers, jadi rasa kepercayaan pada merk yang di dukung temannya itu timbul pada bikers yang mau beli motor. apalagi kalau teman-temannya punya motor yang sama dia kan juga ingin ikut setelah di omongin. memang gak semuanya semudah itu, tapi gak sedikti yang seperti itu.

sales juga harus pintar membujuk & melayani bikers agar suka dan puas dengan merk yang memperkerjakan mereka. karena biasanya ada juga fansboy yang suka merk tertentu dari omongan sales yang terkesan sangat meyakinkan padahal belum tentu omongannya benar. kalau sampai tepat dan bisa ngomongnya lama-lama akan tumbuh rasa suka pada merk itu dan jadilah fansboy. seumpama sales 1 berhasil meyakinkan 10 bikers, nanti  10 bikers menyebar dan meyakinkan bikers lainnya untuk beli merk itu, sampai bikers lain beli merk yang di bela fansboy tadi dan sampai lebih terjual dari 30 unit kan hebat salesnya, 10 orang di racun eh dapat 30 hehehehe. 

selain pengaruh dari sales, fansboy dan media yang sangat kuat, tentu ada bikers yang netral yang ingin motor yang bagus tanpa memandang merk. nah tugas Yamaha & Honda bagaimana menarik bikers yang seperti itu? ya biasanya bikers suka model yang bagus, tinggal pinter-pinter pabrikan motor mana yang pinter memanfaatkan cela itu. karena bikers jadi fansboy gara-gara modelnya bagus juga banyak hehehe. jadi selama yang kita lihat di media (termasuk blog) sekarang ini hanya bagian awal dari persaingan panas kedua merk. 

mungkin kedepan bila sudah pada bosan main motor sport 150cc bikersnya, mereka akan main 150cc all out  atau full spesifikasi. bisa jadi di buat seperti moge partnya atau sama saja moge versi kubikasi kecil yang tentunya sudah dobel cakram rem depannya hehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: