Wednesday, October 12, 2016

penyakit yamaha menular ke honda.

Kemarin aku ngobrol bersama teman lama di depan rumah masalah motor, nah kebetulan dia habis nyari motor scoopy untuk ponakannya di Sidoarjo. Kita tau sendiri kalau scoopy lagi boomin setelah beat di sini jadi gak heran di jalan juga banyak berkeliaran. Karena terlalu laris sampai inden mengular, kini penyakit yamaha yang dulu juga menjangkit di honda yaitu beli motor cash gak ada stok, sedangkan kredit ready!

Dalam pikirku : "buset, honda juga gitu sekarang?" berarti penyakit yang dulu di derita yamaha kini honda juga terjangkit. Ya gak heran, namanya motor laku keras dan stok terbatas jadi keinginan untuk menjual secara kredit daripada cash biar untung banyak jadi timbul. kalau terus begini gak menutup kemungkinan apa yang di alami yamaha dulu terjadi pada coopynya honda. memang kalau beat gak kayak begitu karena stocknya melimpah, beli cash atau kredit bisa, cuma scoopy saja yang begitu. 

walaupun begitu kalau tetap salesnya nakal karena beli cash gak bisa harus kredit seperti yang di lakukan sales yamaha dulu nama honda bisa tercoreng dan gak nutup kemungkinan akan pindah ke lain hati soalnya yamaha juga punya amtic retro (fino). memang fino selama ini masih kalah dengan scoopy, tapi kalau konsumen terus di bikin kecewa seperti ini pindah haluan sangat mungkin. mio saja dulu di cari-cari tapi beli cash di persulit, lalu ada beat yang muncul sebagai alternatif kemudian lama-lama mio di tinggalkan, hanya loyalis saja yang setia.

memang secara brand honda sudah sangat kuat jadi akan ada dua kemungkinan, antara kemungkinan tidak bernasib seperti yamaha atau malah bernasib seperti yamaha dulu. walaupun begitu seharusnya gak boleh di lakukan karena mencoreng nama baik honda yang selama ini gak ada masalah seperti itu. kalau sudah tercoreng ya pada ngecap negatif bikers pada honda. para calon pembeli yang mau membeli scoopy bisa males beli kena omongan dari teman mereka yang kecewa dengan perlakuan sales honda yang curang. jadinya bisa kita ketahui, pembelianpun bisa berkurang pada scoopy ini karena banyak konsumen kecewa pada salesnya lalu di omongin ke teman/saudara. 

tau sendiri kan sepeti yang aku bilang kemarin, sales menarik 10 bikers/konsumen beli dengan berbagai trik lalu konsumennya puas dan termakan omongan sales lalu menarik lebih banyak pembeli lagi. sales meyakinkan 10 orang yang beli tapi akhirnya dapat 30 pembeli. hal itu bisa terjadi bila konsumen/bikers kecewa. dapat perlakuan gak enak oleh sales sepeti beli cash gak bisa kalau kredit ready pasti akan di omongin ke teman-temannya dan teman-temannya yang mau beli jadinya batal kena omongan negatif temannya yang kecewa tadi.

jadi honda harus segera bertindak tegas bila hal ini terjadi di semua sales honda di tanah air, karena di Sidoarjo sangat banyak yang hanya menerima kredit bila beli scoopy, bila cash barang di bilang gak ada! untungnya temanku nemu dealer yang gak nakal salesnya sehingga tetap bisa beli scoopy dengan cash bukan kredit. bila di kota lain sepeti itu wah kenakalan sales yang menjual motor secara kredit saja dan cash di bilang gak  stok akan kembali terjadi secara masif.

kalau terus berlarut-larut banyak konsumen akan di rugikan. bagi konsumen yang mengalami hal seperti ini seharusnya melapor pada honda pusat lewat e-mail atau call center honda pusat untuk kebaikan bersama dan supaya kejadian seperti temanku dan konsumen lainnya tidak terulang lagi. semoga saja hal ini gak berlanjut. bila berlanjut ya kasian konsumen selalu di rugikan dengan kenakalan sales (dari yamaha dulu, kini honda juga ada), ya gak heran mereka bisa semena-mena karena perlindungan konsumen kurang kuat sekarang ini walau sudah ada undang-undangnya.

semoga gak terus berlanjut kasian orang mau beli motor kok di persulit. kalau aku ribet kayak gitu ya nyari alternatif, kan suzuki & yamaha juga ada matic retro. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: