Monday, October 31, 2016

Jalur paling gak menanjak ke Bromo

 jalan menuju ke Bromo jalur Malang

Ke Bromo gak harus pakai motor yang benar-benar bertenaga sebenarnya bisa kok, karena gak semuanya jalannya ekstrim. seumpama motor-motor kurang sehat masih bisa pulang pergi tanpa kuatir gak kuat menanjak. jalur yang paling mudah gak lain ya lewat jalur Malang. kemarin aku ke Bromo penasaran ingin lewat jalur malang dan ternyata menanjaknya gak ekstrim seperti di cangar atau ke bromo masuk lautan pasir jalur Pasuruan. mungkin buat yang rumahnya di Surabaya atau daerah utara bisa lewat malang sebagai alternatif selain jalur Pasuruan. kenapa aku bilang jalur alternatif, karena ke Bromo lewat Pasuruan dan Malang memang ke Malang lebih jauh tapi waktu sampainya ternyata cepat lewat Malang, jadi walau lebih jauh tetap bisa nempuh dalam waktu lebih cepat kan bisa jadikan pilihan.
apalagi lewat jalur Malang ternyata pemandangannya oke setelah masuk kawasan Bromo. tapi kalau di bagian timur gunung Bromo tempat tinggalnya mau ke Bromo ya mau gak mau jalurnya lewat Probolinggo yang paling dekat. kalau lewat Probolinggo katanya saudaraku sih yang pernah lewat sana nanjaknya ya juga sulit sama seperti ke cangar kira-kira. bahkan saat jaman New Megapro 150 karbu di buat lewat Porbolinggo rantai kamratnya bermasalah. tapi bagi yang rumahnya di barat, selatan & utara, jalur malang aman kok. tanjakannya gak terlalu ekstrim, jadi motor kurang sehat sudah pasti bisa pulang pergi lewat situ. 

bila bertempat tinggal di utara seperti Sidoparjo, Surabaya, Gresik, Lamongan dan lainnya mau ke Bromo bisa lewat Malang atau Pasuruan berangkatnya, tapi bila gak mau nanjak ekstrim kembalinya bisa lewat Malang saja lebih aman buat motor yang kurang sehat. kan sayang motor kurang sehat di paksa nanti pulangnya bisa makin parah (pernah ngalamin hehehehe). salam bikers salam persaudaraan,a papaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: