Friday, October 28, 2016

modif motor bebek/sport jadi motor trail/cross (gestrek) atau juga adventure makin ngetren

Di Negri ini motor yang bisa lewat jalan ekstrim ya cuma motor trail/cross. dan itupun harganya gak murah, padahal kebutuhan motor yang bisa lewat jalan yang ekstrim sangat tinggi. hampir semua di tempat wisata yang tempatnya susah di tempuh dengan kendaraan biasa tersedia banyak ojek dengan motor yang di modif jadi motor cross. aslinya ya motor bebek/sport lama biasa lalu di rombak total body dan mesinnya di sesuaikan dengan medan. jadi naik motor sendiri terlalu ribet dan capek bisa memakai jasa ojek ini, ataupun yang sedang kesana naik mobil dan mobil gak bisa masuk bisa memanfaatkannya. jadi kebutuhan motor yang bisa lewat medan berat sangat di minati di sini.

 sumber gambar :http://anthrax-jb.blogspot.co.id

karena butuh motor sejenis trail tapi harga terlalu mahal jadinya bikin motor trail sendiri dari motor biasa. caranya ya 100%  rombak total. rangkanya ganti, bodynya juga di desain ulang, roda di ganti roda motor trail plus velgnya. kemudian yang terkahir mesinnya di rombak lebih bertenaga daripada top speed. jadi top speed drop tapi tenaga melimpah ya aman-aman saja melewati jalan yang ekstrim. gak cuma di pegunungan dan tempat wisata saja motor biasa yang di ubah jadi seeprti itu, di dekat rumahku juga banyak terlihat motor-motor lama di bikin seperti itu. itu membuktikan motor buat advneture sangat di butuhkan. 

berhubung gak ada yang jualan motor seperti itu, adanya yang motor trail asli mahal ya jadinya bikers mengakal sendiri. kalau di sini ada motor adventure 150cc harga gak terlalu mahal yang tangguh bisa lewat jalan extrim walau gak se ekstrim yang bisa di lalui motor trail/cross kan pastinya banyak peminat, buktinya itu tadi banyak yang di ubah jadi motor trail/cross. mungkin sekarang mulai terealisasi karena Yamaha sudah sediakan X-Ride, Honda sudah siap dengan Beat Streetnya, tapi ya kubikasi kecil jadi kelihatan nanggung, apalagi bila buat boncengan tenaga jadi bisa kerasa terkuras drastis.

jadi belum ada yang benar-benar sempurna motor yang bisa hardcore lewat jalan yang sulit yang di jual di pasaran saat ini dengan harga di bawah 25 jutaan. kalau ada ya sama saja menambang emas. hampir semua jenis motor banyak yang di rombak jadi mirip-mirip motor trail. yang sering itu biasanya matic seperti Beat, jadi honda gak salah rilis beat street, tapi setangnya kurang tinggi dikit. biasanya pemilik beat yang di modif jadi ala motor cross setangnya di tinggikan dan rodanya di ganti roda seperti motor cross. 

memang murah meriah modif motor biasa jadi trail dan sudah bisa buat lewat jalan extrim jadinya benar-benar booming. daripada beli aslinya yang jauh lebih mahal itu sudah cukup walau tentu gak sehebat motor trail aslinya. yang penting bisa melahap jalan ekstrim dengan lancar ya sudah cukup kan hehehe. tapi kan sekarang ada undang-undang gak boleh modif rangka dan bentuk body motor sembarangan, jadi bila di modif kayak gini jadinya gak bisa keluar jauh-jauh. kena razia polisi ya ngandang hehehe. awalnya aku lihat motor temanku di rubah kayak gitu, ternyata asik juga. tambah lama kok makin banyak motor kayak begini. 

 sumber gambar : http://anthrax-jb.blogspot.co.id

di tempat wisatapun juga yang di bikin begitu, benar-benar sangat di butuhkan motor tangguh untuk jalan ekstrim. kalau ada motor gaya seperti itu 150cc yang di jual pabrikan ya mantap dan bakal laris manis. orang gak selalu mengandalkan modif bila harganya gak semahal motor-motor adventure/cross yang kubikasinya besar. contohnya bila honda rilis motor CBX150 nah ini kan cocok buat jalan ekstrim. tapi dengan harga di bawah 30 jutaan ya masih mahal ya =_=. tapi kan lumayan pasti masih banyak yang minat. ya jalan satu-satunya pabrikan bikin motor sport 150cc basis mesin cukup SOHC yang penting tenaga mumpuni dan bentuknya seperti motor cross & adventure dengan harga 20 jutaan, pasti ludes. 

tapi aku pikir-likir kalau modif masih jauh lebih murah tapi masalahnya kan gak bisa di bawa jarak jauh kan ada undang-undang tadi, jadi gak bisa kemana-mana. ke daerah dekat saja kayak yang aku bilang tadi, tapi kalau dari pabrikan ada yang bikin motor seperti itu dan di jual kan enak bikers bisa ngetrip/touring kemana-mana dengan bebas. semoga saja ada pabrikan jepang yang dengar dan membuatnya, contoh kayak motor gerobak yang banyak dibutuhkan, akhirnya pabrikan motor lokal membuatnya dan laris manis karena pasarnya sangat gurih. tinggal motor adventure harga murah yang belum, mari kita tunggu, kalau ada ya mantap hehehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: