Wednesday, October 19, 2016

Motor kurang laku apapun merknya pasti di anak tirikan?

Kemarin dengar kalau saudaraku pemilik CB150R generasi 1 memiliki kabar tidak enak. gak lain radiator motornya bocor gara-gara di kasi assesoris yang di tempelin di radiator (lebih jelasnya aku bikin post terpisah). ya memang seperti itu sih bukan salah dari pabrikannya, tapi yang bikin kecewa kok nyari radiator buat ganti baru ternyata susah. di seluruh dealer dekat tempatnya tinggal (muter-muter kota) bilang gak ada, kalaupun pesen gak bisa janji. lah PHP dong? seharusnya ya bilang bisa tapi waktu agak lama, kalau bilang begitu sih masih enak di dengar, tapi gak janji bilangnya kan belum tentu ada. memang gak tersedia sparepart untuk CB150R generasi pertama? seharusnya dengan nama besar honda dengan jaringan 3S yang luas ya apapun motor yang penting merk honda mereka seharusnya menyediakan.

jangan yang laris saja sparepart melimpah, yang kurang laku di anak tirikan. aku bilang begitu karena juga pernah ngalamin saat jeroan supra x helm in yang biasa aku pakai ada kerusakan dan harus ganti. eh ternyata gak ada sparepartnya! aku jadi pusing 10 keliling nyari semua bengkel resmi gak ada, emperan gak ada, untung bengkel emperan sudi mengakal dengan sparepart motor lain jadinya masih bisa jalan walau gak seperti dulu lagi. setelah itu eh saudaraku pemilik CB150R generasi 1 nyari sparepart juga gak ada, pesanpun gak berani janji, wah kecewa banget. mungkin ini bukan salahnya Honda, bisa saja salah pihak dealernya yang males dan angkat tangan masalah agak susah dikit. jadi saranku buat honda harus perhatikan pelayanan servicenya juga, jangan cuma sale saja yang di genjot sedangkan saprepart minim/gak ada. 

nama besar honda cuma jualannya saja sparepart gak jaminan tersedia? wah kalau sampai tercoreng kayak gitu ya bikers bisa mulai males beli motor percobaan (motor baru rilis yang belum tentu laku, bila di beli takutnya sparepart susah). bisa-bisa mereka beli motor honda paling cuma yang umum saja kayak beat sama vario. gak cuma honda, pabrikan lain bisa saja demikian bila produknya kurang laku. soalnya aku sendiri saat pesan tangki isi air radiator untuk R25 di beberapa dealer ya jawabannya juga kurang memuaskan. cuma bilang gak ada gitu doang, paling gak seharusnya bisa saya bantu pesankan pak? nah kalau gitu kan enak. itu cuma bilang gak ada dengan expresi kayak males gitu.

ya gak semuanya sih begitu, sebagian ada yang ramah tapi tetap saja kurang maksimal. jadi sama kan dengan yang di alami saudaraku. R25 kan di sini kurang laku dan aku jadi senasib dengan saudaraku pemilik CB150R generasi pertama, kurang di perhatikan bila mencari sparepart motor yang susah lakunya. ya gak nutup kemungkinan pabrikan lain juga begitu. nama besar, dealer banyak bukan jaminan sparepart tersedia dan mudah di dapat. itu salah besar, soalnya tidak semua motor tersedia sparepartnya, biasanya hanya motor yang laris saja sparepart ready kalau yang kurang laku ya susah, kalaupun pesan ya bisa lama. jadi orang bilang kalau beli suzuki sekarang takut sparepartnya susah itu salah, soalnya pabrikan besarpun yang jaringan service dan dealernya banyak juga ternyata bisa begitu.


sehingga kita gak boleh berpikir terlalu negatif dengan makin dikitnya dealer Suzuki soalnya pabrikan besar ternyata juga ada yang gak lengkap walau dealer banyak. motor kurang laku di anak tirikan apapaun merknya? seperinya begitu sahabat bikers sekalian. semoga saja kedepan sudah tidak seperti ini. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: