Thursday, December 31, 2015

pengalaman hampir di begal

sebenarnya ini bukan pengalamanku, ini pengalaman saudaraku penunggang CBR250R generasi pertama. saat itu dia sendirian entah di mana aku lupa seingatku di daerah pasuruan. disana memang banyak orang yang bilang rawan begal. saudaraku ini mungkin ada perlu sama temannya atau kerabat sehingga pergi kesana, kemudian saat pulang di lampu merah dia berhenti. bisa saja dia terus melaju saat sepi begitu, karena menaati rambu-rambu dia berhenti. untungnya saudaraku ini waspada jadi dikit-dikit lihat spion. nah saat lihat spion dia melihat dari kejauhan Jupiter MX 135 generasi pertama di tunggangi 3 orang. dan seremnya ini 2 orang yang di bonceng bawa arit/senjata tajam lainnya. 

lah kok berani? dia jupiter mx boncengan 3 pula nantangi CBR 250R yang gak ada penumpangnya. tentu saja berani kan ini motor di oprek jadi walau 135cc dan boncengan 3 larinya masih sangat kencang. gak pikir panjang dia lihat lampu masih merah tapi gak ada orang lewat langsung saja tancap gas. untungnya performa CBR250 belum bisa di imbangi oleh jupiter mx tadi. tapi berhubung saudaraku ini punya keterampilan bela diri dia malah mempermainkan si pembegal. saat tertinggal jauh dia mempelankan motornya, saat mendekat si begal di jauhkan lagi, setelah jauh di pelankan lagi jadi beneran di kerjai oleh saudaraku ini hehehe. kalau orang biasa apalagi aku gak bakalan berani, serem bro hehehe.

dari kejadian di atas kita bisa petik hikmahnya yaitu bila saat sepi tapi lampu merah ya terus saja, kalau diam terus di situ begal akan menghampiri. gak di pasuruan saja di mana-mana tirknya gitu, menghampiri motor yang berhenti di lampu merah yang sepi. jadi kalau ada lampu merah yang sepi tengok dulu ada yang lewat apa gak? kalau gak ada langsung saja terobos demi keamanan. iya kalau ada yang lewat jangan terobos kalau gak ada ya lakukan soalnya begal biasanya akan menghampiri. kemudian kemarin-kemarin di iwanbanaran.com ada berita moge di begal, sebenarnya ini bisa terjadi apalagi sekarang penggila motor sport makin banyak.

seperti yang aku tulis dulu, bila bawa motor sport, entah itu 150cc - moge sekalipun kalau di jalan sangat sepi mending melaju dengan kecepatan tinggi sambil berhati-hati soalnya kadang ada saja yang memotong jalan sembarangan. jadi kalau sangat memungkinkan melaju kencang sangat di perlukan. bukan berarti ngajarin ngebut, cuma buat kewaspadaan saja soalnya bila jalan kecepatan sedang begal akan menghapiri. saudaraku yang punya CB/Vixion saja di jalan sepi mereka minimal jalan 100km/h. kalau terlalu pelan begal beraksi apalagi jalan yang di lewati memang rawan. tetap waspada sahabat bikers sekalian. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: