Friday, January 1, 2016

Bisa jadi tahun 2016 ini menjadi perang motor sport 250cc!

Motor kelas 250cc makin panas tahun ini kayaknya. gimana tidak, Honda di jadwalkan rilis CBR250RR, Kawasaki dan Suzuki juga sepertinya gak mau ketinggalan. tapi awal tahun ini belum panas, biasanya pertengahan tahun baru kerasa. jadi manakah yang akan jadi pemenangnya? menurutku begini : seperti kasus Suzuki Satria F yang di ganggu Sonic, Ninja sepertinya akan begitu, CBR250RR ngerecokin si Ninja. ngerecokin ini sangat serius atau biasa saja tergantung honda. pasang harganya berapa untuk motor 250cc barunya? kalau kompetitif bisa sangat ampuh, kalau kemahalan ya gak terlalu ngefek. lalu kawasaki gak mau kalah ninja 250 generasi barupun di rilis dengan spesifikasi melebihi kompetitor yaitu CBR 250RR (juga sama seperti Satria 150 Fi yang baru di rilis). 

walau dengan nama besar honda sepertinya agak sulit numbangin kawasaki karena nama kawasaki sudah mendunia di kelas 250cc. asal honda bisa main harga yang pas bisa saja numbangin seperti sonic numbangin satria. tapi biasanya honda selalu pasang harga lebih mahal dari kompetitornya walau memang spesifikasi lebih baik (gak selalu). jadi kalau bisa harga di tekan maksimal jangan ambil profit terlalu banyak biarkan namanya besar dulu baru deh. kalau belum apa-apa kemahalan bikers bakalan mikir-mikir untuk memilihnya kecuali FBH sejati. bikers mikir-mikir mana yang paling kompetitif jadi walau duit ada dan bisa beli yang mana saja mereka pastinya milih yang terbaik.

lalu bagaimana dengan suzuki & yamaha? Suzuki memang akan merilis motor 250 juga 2 silinder dan isunya memakai mesin Inazuma 250. apalagi selain mesin rangka juga sama dengan inazuma dari berita yang aku baca dari tmcblog.com. apakah gak bisa bersaing dengan CBR, Ninja dan R25? bisa sih asal tadi modelnya harus sangat keren, material mesin bagus dan bodynya. spesifikasi walau SOHC minimal seperti ninja sekarang yang 32hp dan harganya tentu gak boleh mahal-mahal soalnya statusnya SOHC. itu sudah cukup soalnya mayoritas bikers penunggang motor 250cc kan mementingkan tampilan sedangkan performa nomor 2. jadi mereka beli cuma buat keren-kerenan kan, asal keren dan bunyinya seperti ninja fi & R25 pasti sudah suka kalau harganya murah walau SOHC. 

soalnya kita tau sendiri memakai knalpot brong sembarangan bikin performa drop dan kalaupun ada yang gak ngefek pada performa biasanya mesin yang kena. tapi bikers kadang gak preduli, biarpun lemot asal keren ya terjang saja. jadi performa bukan segalanya bagi bikers kelas 250cc. kalau sudah begitu SOHC sebenarnya gak apa-apa, cuma gak enak saja dengarnya motor sport 250cc tapi masih SOHC cuma itu. jadi seperti yang aku bilang tadi 3 kunci Suzuki untuk bisa suskses bila mesinnya SOHC. harga, material bahan motor dan desainnya. buktinya Vixion saja SOHC dulu lebih laku dari CB150 yang sudah DOHC. sehebat apapun mesinnya kalau desain motor jelek gak laku kan. 

kalau yamaha ingin ngeluarin R25 versi baru bisa jadi dilema soalnya yang sekarang baru 1 tahunan belum genap 2 tahun. tapi bukan gak mungkin sih akan di facelift. CBR saja yang 150 sudah mau facelift padahal juga masih baru. sebenarnya power sudah lumayan tapi kalau pas Ninja dan CBR keluar bisa jadi paling dikit kecuali GSXRnya Suzuki SOHC. panas banget nih pasar 250cc ini, mau pilih mana sahabat bikers sekalian? hehehe nabung dulu saja ^_^ salam bikers salam persaudaraan, apapun  motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: