Tuesday, December 8, 2015

Suzuki ikut main di kelas 250cc dengan 1 silinder saja di Indonesia sama saja dengan bunuh diri?

Baru baca berita otomotif dari viva.co.id kalau Suzuki india hendak merilis sport fairing 250cc 1 silinder. motor ini rencnanya rilis tahun depan di India sana dan rencanyanya akan di jual disini juga menurut penuturan di beritanya. nah kita tau sendiri motor 1 silinder kurang diminati. contoh nyata ya CBR 250 yang sangat sedikit peminatnya, RR mono dari kawasaki juga sama, cuman penjualan sekarang melejit karena sang 2 stroke 150cc sudah gak ada. sudah tau penjualan motor 250cc 1 silinder suram tapi suzuki nekat terjun? kalau iya sama saja bunuh diri!

tapi itu kalau 250cc 1 silinder bener-bener gak laku disini. sebenarnya bisa laku kok tergantung pabrikannya gimana cara agar motor 1 silinder 250cc bisa laku. memang gimana caranya? ada banyak yang harus dilakukan agar bisa laku. 

1. desain body harus keren. walau cuma 1 silinder body besar terlihat compang atau apalah istilahnya tapi tetap saja akan mearik minat bikers kalau modelnya benar-benar keren (ninja 250 2 silinder saja juga terlihat compang). contoh seperti Byson saja, motor 150cc bodynya besar terlihat gagah walau kubikasi kecil seperti motor moge. di Byson bisa kita lihat telihat banget body kegedean mesinnya terlihat kecil, tapi gak masalah masih terlihat gagah. begitu juga dengan motor 250cc walau body terlihat besar tapi mesin terlihat kecil gak apa-apa asal terlihat pas di mata dan desainnya keren.

2. harga harus murah. ini seharusnya jadi keahlian Suzuki, harga murah tapi fitur komplit. jadi kunci gagalnya CBR250R pada harga saja menurutku, masa iya motor 1 silinder 50 jutaan lebih, pasti orang pada lari ke yamaha dan kawasaki (pengalaman pribadi hehehehe). begitu juga dengan RR Mono masih mahal menurutku, jadi ini kesempatan buat Suzuki untuk pasang harga yang lebih murah tapi kualitas gak kalah bagus. jangan bilang mana mungkin, buktinya saja yamaha bikin matic premium harga terjangkau bisa suzuki pastinya juga bisa dong.

3. power motor harus maksimal dan melebihi kompetitornya. disini suzuki gak usah main irit-iritan. karena orang beli motor sport 150-250cc sudah gak mikir iritnya mereka mikir prestige, kegagahan dan performa jadi kalau masih mikir keiritan ya rugi bikers pasti gak akan mood kalau lihat performa motor kurang mumpuni. jadi power harus di maksimalkan harus lebih baik daripada CBR250R 1 Silinder dan RR Mono. tentu gak mungkin gak bisa, anak-anak club saja bisa bikin motor 250cc 1 silinder dapat laari 200km/h dengan mudah apalagi kelas pabrikan seperti suzuki yang sudah terbutki performanya pasti bisa. 

jadi suzuki jika ingin tetap laku walau jaulan motor 250cc 1 silinder harus all out. lampunya juga harus sudah serba led. jika suzuki memeprhatikan 3 hal tersebut dan fitur lainnya pastinya tetap ada pemintanya bahkan bisa lebih laku dari RR Mono milik kawasaki tapi bila 3 hal tadi di maksimalkan. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dn merknya bikers adalah saudara!

No comments: