Sunday, December 6, 2015

Sim C mau di pecah jadi 3, menurutku cukup jadi 2 saja!


Kemarin lusa kalau tidak salah aku membaca berita otomotif di iwanbanaran.com tentang pemecahan sim C jadi 3 bagian. sim C untuk motor 250cc ke bawah, C1 untuk 250cc-500cc, C2 untuk motor di atas 500cc. sebenarnya pendapatku sangat setuju kalau sim C di pecah antara untuk motor biasa dan moge, tapi kalau sampai jadi 3 menurutku terlalu belebihan. memang yang mana yang berlebihan? yang 250-500cc! karena apa? seharusnya cukup moge saja di khususkan Sim Cnya jadi yang 250cc gak perlu menurutku. 

kenapa gak perlu? kan ukurannya hampir sama bahkan ada yang di bilang sebesar moge. itu benar tapi coba kita pikir, motor 250cc masuk parkir moge boleh tidak? tidak boleh kan. kemudian urusan power juga gak segila moge, bahkan jauh. coba saja motor 250cc standard adu dengan motor 2 tak 150cc standard bisa di bilang masih kalah sadis powernya. dari segi body saja memang besar, power masih gak seberapa dan di parkiran mogepun gak boleh. sensai mengendari/handling motornya pun gak jauh beda dengan sport 150cc. jadi kenapa harus ada sim C khusus? kalau mentang-mentang bodynya besar saja di buatkan sim khusus ya Yamaha Byson kan juga besar, masak harus di buatkan sim khusus Byson? 

kan powernya gak sadis om Byson itu. iya lah seperti aku bilang tadi, motor 250cc juga gak sesadis motor 2 tak 150cc kan, sama aja kayak byson gedenya cuma lebih kencang saja tapi gak dahyat kayak moge, jadi bisa di bilang beda kan cuma moge-mogean saja. handling gak jauh beda dengan motor 150cc, berat juga biasa lah sedikit lebih berat dari motor 150cc, akselerasi juga gak terlalu wah, body besar juga gak bisa buat alasan soalnya byson saja gak kalah besar jadi kesimpulannya motor 250cc gak perlu di buatkan sim khusus karena beberapa alasan tadi menurut pendapatku. apalagi selama ini motor 250cc gak banyak masalah di jalan gak sebanyak moge, kalaupun ada kan gak banyak, ya biasa lah semua orang bisa mengalami insiden gak motor 250cc saja, malah yang sering motor 250cc ke bawah.

lagpula sim C1 250-500cc saja sangat gak perlu karena mana ada motor di atas 250cc di bawahnya 500cc di sini? kan kena pajak yang mahal jadi gak ada motor 300-400cc, jadi adanya 500cc itupun satu merk saja, kalau sudah begitu yang pantes dan cocok 500cc saja. lah gak sekalian di jadikan satu saja sim khusus moge? kenapa 500cc di bedain sama yang di atasnya? powernya lho hampir sama dengan motor 650cc 2 silinder. kalau hampir sama / beda tipis kenapa di bedain kan sama-sama dahsyatnya. motor yang 500cc di kasi limiter biar top speed gak menggila, kalau tanpa limiter hampir sama powernya jadi seharunya 500cc itu di ikutkan sim C khusus moge cukup 1 sim saja, jadi cuma perlu di pecah jadi 2 bagian saja gak perlu 3. menurut sahabat bikers sekalian gimana? semoga saja di koreksi pemecahan sim C jadi 3 ini biar lebih pas dan tepat sasaran. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: