Sunday, December 6, 2015

Penjual BBM emperan untung lebih banyak semenjak subsidi BBM di cabut

Sebagai pembeli rutin bahan bakar emperan aku jadi tau seberapa banyak keuntungan penjual bbm emperan di pinggir jalan ini. dan semakin hari semakin banyak keuntungannya apalagi semenjak subsidi bbm di cabut. dahulu harga bbm saat harganya masih Rp.4500/liter penjual emperan menjualnya dengan harga Rp.5000 dan itupun tentu gak sebanyak beli di SPBU karena ukurannya gak literan tapi botolan. nah botolan ini belum tentu 1 liter pas, kadang ada yang di kurangin dikit kadang ada yang pas. jadi katakanlah untung penjualnya cuma Rp.500/botol di tambah ukuran bbmnya juga masih lebih banyak di SPBU sedikit jadi cuma itu untungnya penjual bbm emperan, belum di potong ongkos transport beli bbm itu sendiri.

kalau sekarang cerita akan berbeda karena penjual emperan menjual Rp.1000 lebih mahal dari harga di SPBU ( wilayah sidoarjo dan sekitarnya karena di wilayah lain kadang berbeda ). nah bahan bakar premium kan sekarang Rp.7500 di emperan Rp.8500. kalau di hitung-hitung daripada beli premium di emperan ya mending beli pertamax di SPBU cuma Rp.9100. selisih Rp.600 dapat bbm jauh lebih baik. gak sampai di situ, kan di SPBU harga pertamax Rp.9100 di emperan kini juga banyak yang jual tapi dengan harga jauh lebih mahal yaitu Rp.11000. jadi selisih Rp1900 dan itupun ukuran perbotol bukan literan. bayangkan anda pemakai motor sport 150cc/250cc ngisi pertamax di emperan kerasa banget tangki keisi lebih sedikit daripada di SPBU karena harga selisih Rp.1900/liter. 

jadi keuntungan terbanyak mereka jualan pertamax daripada premium. apalagi harga premium dan pertamax mempet sehingga yang beli pertamax banyak walau di emperan sekarang. mungkin sekitar 35-40% pembeli bbm di emperan membei pertamax daripada premium/bensin. saudaraku saja saat beli pertamax di emepran (kepaksa karena bbm motor mau habis) di buat terkejut karena agak sore sedikit stok pertamax habis padahal di lihat jirigennya kusus pertamax itu besar (ketauhan jirigennya pertamax karena ada warna biru dalam jirigen sisa pertamax sedikit)

jadi berjualan bbm emperan jaman sekarang untungnya lebih banyak karena dahlu untung Rp.500 jadi Rp.1000 itupun terkadang ada yang nyari utnung lagi! seumpama membayar uang Rp10000 kembali Rp1500 yang Rp.500 di kasi permen bukan uang receh pecahan Rp.500. kemduian pertamax malah lebih banyak untungnya karena harga Rp.9100 jadi Rp.11000, untung Rp1900/botol. hehehe banyak juga kan untungnya? tapi di wiliayah lain (Blitar Plosok) ada yang beneran jauh lebih murah harga bahan bakar emperannya. gimana tidak, dengan jarak yang sangat jauh dari SPBU harga emperan pertamax dan premium selisih dikit (cuma Rp.500 dari SPBU) sedangan di wilayah Sidoarjo ya tadi itu untuk premium untung Rp.1000 dan pertamax untung Rp.1900 padahal jarak ke SPBU gak terlalu jauh. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: