Monday, December 21, 2015

memilih oli untuk motor sesuai kebutuhan bukan sembarangan

Mungkin sebagian besar bikers memilih oli motor sembarang pokonya rutin gak masalah, kalau gak rutin malah sembarang parah namanya hehehe. sebenarnya gak salah juga karena apapun olinya kalau rutin ya bagus untuk mesin. yang penting jangan oli palsu saja. soalnya di sini banyak beredar oli palsu yang gak bikin motor enak malah bikin rusak. seperti yang aku bilang tadi, sembarang oli kalau rutin gak apa asal gak palsu tapi lebih baik kita memilih oli di sesuaikan dengan kebutuhan kita memakai motor. jadi mau di buat seperti apa motor kita ini?

kalau sekedar buat ke kantor yang gak begitu jauh dan sekedar jalan-jalan di tempat yang dekat cukup oli biasa. kalau ingin nambah performa ya mencari oli khusus seperti motul, repsol, shell, top 1 dan lainnya. kalau ingin mesin awet dan lama ganti olinya, kemudian di buat jarak jauh cocok ya ada sendiri jenis olinya seperti BM 1 dan Motul juga ada kalau gak salah. dengan oli itu walau sudah lewat kilometer banyak mesin masih halus dan enak di pakai. aku lihat sendiri di pameran otomotif pas saat itu ada stand oli BM1. mungkin ini bisa di bilang promisi tapi tentu aku nulis ini bukan tujuan itu cuma share yang aku tau.

saat itu sang peraga nyobain kehebatan olinya dengan mencampurlan berbagai macam jenis oli dan di lumurin ke alat peraga. alat perga ini mensimulasikan gesekan mesin di dalam motor/mobil. nah saat di lumurin oli lain dan di coba ketahanan gesekannya besi yang di putar dan menggesek besi lain. nah setelah dirasa masih kuat daya tekannya di tambahin seberapa kuat besinnya menahan gesekan dengan oli merk lain yang tentu gak di sebutkan merk apa.

daya tekannya menggunakan tenaga manusia dan mesin simulasinya berputar. setelah belum setengah daya tekanan tingginya gesekan terus terjadi yang mengakibatkan besi yang tergesek tadi terkilas dan keropos di bagian yng tergesek. sedangkan kalau di lumurin dengan oli BM1 ini di gesekin dengan besi yang sama (sudah di ganti yang baru belum tergesek) simulasi mesinnya gak terkilas sedikitpun walau dengan tekanan tinggi. masih gak percaya? besi yang utuh tadi di bershkan dari oli BM1 oleh peraga dan di ganti dengan oli lain di jalankan lagi eh langsung keopos lagi.

nah hal itu membuktikan kekuatan olinya bisa bikin mesin awet soalnya walau gesekan dalam mesin keras jeroan mesin tetap aman dan gak ada yang terkilas sedikit demi sedikit. itu untuk oli yang bikin mesin awet. untuk yang bikin performa meningkat juga gak sedikit. shell (macem-macem jenisnya tergantung selera) Motul, dan yang sempat aku coba sendiri yamalube super sport memang beneran bikin performa nambah. tapi kalau oli untuk nambah performa gini biasanya gak terlalu lama sudah mau ganti, 1000 km harus ganti biar mesin awet. 

kalau yang suka geber motor terutama sport dengan RPM tinggi sampe mentok segala jangan yang nambah performa, karena memang performa nambah tapi gesekannya kan makin cepat keras jadi bisa ngefek ke mesin, mending yang bikin mesin awet saja. biarpun performa standard tapi di buat RPM tinggi mesin masih halus dan getaran berkurang tentu juga awet di mesin. sekarang tergantung sahabat bikers saja kebutuhan untuk motornya oli apa? apa yang ningkatin performa? standard saja atau bikin awet mesin? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: