Tuesday, December 22, 2015

berwisata alam : ingin menikmati keindaannya sekaligus merusaknya?

Sekarang ini banyak sekali orang yang touring/travel ke tempat-tempat yang indah di negri ini. bahkan teman atau saudara juga banyak. mereka selalu bilang kalau lebih suka berwisata/jalan-jalan ke tempat yang indah seperti ke pantai, pegunungan, air terjun dan lainnya. dan mereka bilang alasannya lebih baik ke wisata alam daripada jalan-jalan ke mall karena ingin menikmati pemandangan yang indah dan susasanyanya yang sejuk dan menyenangkan. betulkah perkataan mereka ini begitu?

menurutku ya tidak salah juga tapi kenapa kalau ingin menikmatinya tapi juga merusaknya? maskusdku begini, banyak sekali yang koar-koar begitu, pecinta alam dan lainnya tapi selalu merusaknya (membiarkan & membuang sampah sembarangan di wilayah wisata alam tersebut). memang sebagian ada yang sadar kalau alam harus di jaga jadi setelah aktifitas selesai sampah di ambil kembali di bawa pulang, tapi gak semuanya begitu. sebagian besar membiarkan sampah di mana-mana, setelah bercamping/berkemah sampah di tinggalkan begitu saja.

gak hanya yang kemah saja, para traveler juga begitu, enak-enak selfi dan macem-macem keghiatan bawa makanan sampahnya di baung di tempat. gak heran tempat wisata yang indah 4-2 tahun lalu kini jadi rusak dan keindahannya drop 70% karena sampah. ini di semua tempat wisata alam, entah di pegunungan, pantai dan lainnya. jadi orang sini kurang sadar dengan alam yang indah anugerah Tuhan ini. mereka bisa bilang se'enaknya nikmati pemandangan. ah ke pantai atau lainnya tapi mereka juga dengan bebas merusaknya.

yang bikin aku salut sekarang pengelola tempat wisata mulai banyak memberlakukan pencatatan barang yang berpotensi jadi sampah. jadi apa saja yang berpotensi jadi sampah di bawah ke tempat wisata di catat. nanti mereka di kasi tau agar sampah yang mereka bawa di bawa pulang kembali, setelah pulang nanti di adakan pemeriksaan barang yang berpotensi jadi sampah tadi di bawa pulang kembali atau tidak. kalau tidak ya di kenakan denda tang tinggi/di suru ambil kembali sampahnya.

dengan adanya peraturan itu ternyata sangat manjur. pantai/air terjun dan wisata lainnya yang ada peraturan itu wisata alamnya masih bersih dan sangat dapat di nikmati. pengelola wisata sampai melakukan hal itu membuktikan rendahnya masyarakat di sini tentang kepedulian terhadap keindahan alam. kalau begini sampai kapanpun wisata alam indonesia akan selalu kalah dengan wisata alam negara lain. walau wisata di sini lebih indah sekalipun kalau sampah bertebaran ya lama-lama gak akan ada pengunjungnya. 

memang membuang sampah sembarangan rasanya remeh padahal sebenarnya sangat vital bagi keindahan alam. jadi sahabat sekalian yang hoby travel marilah kita jaga keindahan alam bersama-sama agar bisa di nikmati sampai kapanpun. sewaktu-waktu kita ke sana kembali suasanyanya akan tetap indah bila kita tetap menjaganya. sadarlah dan baunglah sampah pada tempatnya ya ^_^. salam





No comments: