Monday, December 28, 2015

indonesia memiliki pasar besar dunia otomotif roda 2 tapi kenapa di kasi kualitas material rendah?

Sudah banyak yang tau kalau motor di negri ini kualitasnya sebenarnya di bawah standard daripada di negara lain padahal justru di indonesia penjualannya paling banyak. lalu kenapa bisa begitu? mungkin ada 3 hal yang menyebabkannya begitu. 

1. tidak adanya badan pengawasan kualitas dan keamanan kendaraan sehingga bairpun kualitas kurang bagus dan di jual mahal tetap laku karena masyarakat kan butuh untuk transportasi sehari-hari. kalaupun ada berarti kurang efektif karena sudah banyak beredar kendaraan kualitas kuang bagus. bahkan ada kendaraan yang di luar negri di larang di jual, di sini melenggang bebas. sedangkan di luar negeri motor/mobil ada gak beres dikit langsung pihak pemerintah yang menangani masalah ini langsung tanggap dan memanggil pihak pabrikan yang produknya bermasalah dan di ancam gak boleh jaulan di negara tersebut bila tidak di selesaikan dan di perbaiki dengan serius. dengan begitu pabrikan akan sangat hati-hati agar sebisa mungkin barangnya tidak ada yang trouble/bermasalah karena sangsinya berat bagi perusahaan. sedangkan di sini ya tau sendiri lah.

2. masyarakat sini banyak yang senang barang murah daripada barang yang agak mahal tapi berkualitas. contohnya begini : ada motor A dan motor B. nah motor A ini murah sparepartnya tentu karena murah ya kualitasnya di bawah motor B. sedangkan motor B kebalikannya, mahal sparepartnya tapi awet. tapi harga barunya sama. maka banyak yang memilih motor A padahal kalau di itung- itung motor B awet sparepartnya jadi lama gak ganti-ganti walau mahal. sedangan motor A dikit-dikit rewel jadi sering ganti sparepart. nah kalau di hitung-hitung sebenarnya rugi tapi malah banyak yang pilih motor A. mungkin karena itu di sini motor kualitasnya rendah material dan unsur keselamatannya. karena disini terlalu mahal kurang laku jadi pabrikan takut bikin barang yang bagus, sehingga di bikin murah biarpun kurang berkualitas yang penting laku.

3. mungkin bisa juga karena pabrikannya ingin laba sebanyak-banyaknya hehehehe di bikin semurah mungkin dan di jual semahal mungkin. apalagi seperti pada No.1 tadi disini gak terlalu ketat jadi bisa semau maunya O_O. menurut sahabat bikers sekalian gimana? apa ada alasan lain? salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!


No comments: