Sunday, January 6, 2019

Nasi Campur wajibnya isi apa saja?


Nasi Campur makanan khas di jawa, khususnya di daerahku banyak banget yang jualan nasi campur. dan nasi camour sesuai namanya lauknya macam-macam campur jadi satu. memang apa saja sih lauknya? berikut ini jenis-jenis lauknya :

1. Daging (paling banyak di krengseng) : paling banyak lauk utama nasi campur biasanya daging, bahkan seakan menu wajib di lauk nasi campur.

2. Mie : di nasi campur manapun kebanyakan pakai mie sebagai menu wajibnya. gak afdol nasi campur gak ada mienya. 

3. Tahu Bali (bukan tau dari bali ya) : ini juga menu wajib di nasi campur. di mana ada nasi campur ada tahu bali selain mie.

4. Srundeng (kelapa parut di olah) : srundeng ini gak wajib, cuma kebanyakan luamyan banyak yang pakai srundeng ini selain 3 menu di atas.

5. Tempe : nah tempe ini gak wajib, kadang ada kadang tidak di nasi campur. jarang yang kasi tempe di sini, kalaupun adaakdang lauk lainnya habis tempe baru di tambahkan. kalau dari awal di kasi sangat jarang dan kurang populer di dalam ini lauk nasi campurnya.

6. Sambal goreng (tempe/tahu di olah, bukan sejenis sambal) : nah hampir lupa, sambal goreng ini juga lauk utama dalam nasi goreng ini, tanpa sambal goreng nasi campur serasa ada yang kurang kenikmatannya.

7. Telor (bisa di dadar/rebus) : telur ini bisa di bilang lauk cadangan untuk yang gak suka/kurang suka daging. jadi gak mau lauk utama daging di gantikan denan telur ini. rata-rata sih di dadar dan jadi di sambal bali (sekalilagi bukan nama kota ya nama jenis makanannya bagi yang belum ngerti hehehehehe).

8. Ayam (bisa di goreng biasa, goreng tepung atau di bakar) : ini juga menu cadangan bagi yang gak suka/kurang suka daging. kalau sekedar goreng doang kurang nikmat, paling enak di panggang atau di kasi tepung. 

9. Sayuran : ini juga menu tambahan biasanya pengganti sambal goreng. bagi yang jualanmales masak smbal goreng kadang sayuran ini gantinya.

10. Dadar Jagung : ini juga juarang ada di nasi campur tapi ya tentu sebagian ada yang menambahkan menu ini.

11. Perkedel : kalau perkedel malahan sudah gak jarang lagi, hampir gak ada yang kasi lauk ini di nasi campur bila yang di jual. rata-rata adanya pas ada hajatan makan nasi campur baru ada.

nah banyak banget kan lauknya nasi campur. tentu ya gak semuanya di aplikasikan di dalam berjualan nasi campur, mereka pasti memilih salah satudari 11 menu di atas. 1-4 & 6 rata-rata yang di aplikasikan sebagai lauk nasi campur. sisanya menu opsional bisa di tambahkan atau untuk pengganti atau tidak. kalau Risdiken sih pilih 2-4 & 6-7 paling suka. lainnya bukannya gak suka ya. jadi bagi yang mau jualan nasi campur biasanya kan lauknya 1-4 & 6, tapi jangan lupa menu opsional seperti telur atau ayam bagi yang gak begitu suka daging ada soalnya. sahabat sekalian juga ada yang suka nasi campur?

No comments: