Tuesday, May 31, 2016

Matic yamaha desain keren & performa juga oke tapi masih kurang diminati apa yang salah?

Motor matic yamaha jenisnya banyak. dari Mio, GT 125, X-Ride, Aerox dan lainnya. walau banyak seperti itu di jalan jarang banget meliht matic yamaha. mungkin paling sering N-Max, kedua ya Mio M3 itu saja agak jarang. secara performa dan desain menurutku sudah oke, malah ada ada yang lebih keren dari kompetitor desain motornya tapi masih kalah jauh penjualannya dengan honda sang kompetitor. banyak faktor penyebabnya dan aku sudah pernah bahas juga, kali ini aku akan menulis ulang dan menambahkannya. 

faktor paling maut dan mematikan yang menjadikan yamaha seperti sekarang ini yaitu saat jaman mio generasi pertama dulu beli cash susah saat booming, jadi harus kredit. aku jadi inget sodara yang kaya raya duitnya banyak terpaksa beli kredit untuk mendapatkan si mio ini padal beli cash 5 untuk sekaligus bisa hehehehe. dimana-mana kanan kiri telinga mendengar beli cash dipersulit bahkan gak bisa saat itu. kalaupun bisa nambah duit ini itulah ke sales. akhirnya? honda menyalip! honda gak ada gituan dan proses normal seperti beli motor biasanya dan saat itu pula honda berusaha merintis kepercayaan pada publik kalau motornya juga gak kalah oke dari yamaha. 

ya kebetulan sekali, dari mio gak dapat beat jadi alternatif. mau yang lebih oke lagi ya vario karbu. honda pilihan lebih banyak sampai mio soul keluar sebagai saingan vario. bikers/masyarakat yang jenuh dengan kenakalan sales gak heran pindah haluan. dan karena banyak yang pindah haluan kepercayaan pada motor matic honda mulai terbentuk. nah saat itulah yamaha kehilangan moment lagi.  beat mulai tak terjekar penjualannya makin lama makin jauh sampai benar-benar gak berkutik yamaha. padahal pelopor otor matic ya yamaha. 

yang kedua faktor dana. honda memang makin besar jadi gak heran berani obral harga kredit motornya. bagaimana tidak, DP yang rata-rata di atas 1 jutaan kini bisa di bawah 500rb saja. bahkan ada cuma modal 100rb saja sudah bisa bawa pulang motor. memang biasanya si sales bilang itu subsidi/potongan dari dealer honda. mungkin honda mikir untung dikit tapi laku banyak ya untungnya jadi banyak belipat-lipat. ya kalau sekarang sih antara yamah dan honda sama. ada juga kok dealer yamaha berani kreditkan motor tanpa DP jadi sama saja sekarang. masalah utamanya ya pada keperayaan yang sudah terbangun tadi.

yang ketiga masalah pemasaran. honda giat banget memasarkan motornya keliling dan biasanya berhenti di tempat-tempat yang ramai. tiap ada acara gitu selalu ada motor pick-up bawa motor honda dan menjajakan motornya dengan diskon yang bisa di bilang murah cash/kredit biasanya lebih banyak kredit diskonnya (pernah cek hehehehe). gak hanya ada acara saja, tiap tempat yang ramai di kunjungi orang selalu ada saja sales honda yang jaulan motor di situ. ada yang bawa pick up seperti yang aku tulis tadi, ada juga cuma modal brosur. dimanapun ada tempat rame disitu sales honda ada, jadi masyarakat/bikers butuh motor bisa langsung ke situ, tanya sekedar tanya doang juga gak apa-apa. sudah makin diminati motornya, sales malah lebih menyebar dimana-mana jadi makin lebih dikenal, kalau sudah begitu ya banyak pembeli banyak yang terarah disitu. bahakan biasanya di jalan-jalan salesnya lebih murah daripada di dealernya langsung itu yang aneh hehehehe.

sedangkan yamaha jarang terlihat. mereka cuma ada di dealer saja, media promosi/pemasaran di jalan gak ada jadi jangan heran honda makin di kenal karena selalu ada dimana-aman. kan ada juga kadang ada orang yang pemalu, apalagi sekedar tanya saja demi mendapat pengetahuan tentang motor yang di sukai. kalau ke dealer sales langsung nyerbu ya kan sungkan cuma tanya saja, sedangkan di emperan ya tinggal berhenti tanya-tanya doang gak beli ya sudah cabut hehehehe. jadi ini juga penting. yamaha juga harus sediakan sales-sales yang terjun langsung di tepat-temat strategis gak cuma di dealer saja. jadi bisa mempromosikan dan berbagi info tentang motor yamaha di mana-mna gak di dealer saja agar lebih banyak yang tau. kalau lebih banyak yang tau dan membandingkan dan ternyata motor yamaha juga gak kalah hebat dari honda pasti akan menambah penjulan motornya.

jadi yamaha jangan terpaku pada promosi di tempat tertentu saja seperti di pajang di mall. yamaha harus turun ke berbagai tempat untuk mempromosikan motornya seperti yang honda lakukan. mungkin gak sebanyak honda, tapi paling tidak ada 1 di tiap tempat yang rame kan sudah cukup. nanti aku yakin sudah apsti ada yang datang walau cuma bertanya. kalau meyakinkan pasti banyak yang tertarik hehehehehe. iulah yang harus dibenahi oleh yamaha agar bisa lebih baik baik lagi dalam penjualannya. sebnarnya memang motornya gak kalah bagus dengan  honda cuma strategi pemasarannya harus dibikin lebih baik. ya DP ringan dan promosi penjualannya merata tentu akan lebih baik. 

aku lihat memang yamaha sudah lebih baik dari dulu. dari salesnya yang makin ramah & melayani dengan baik. servicenya juga begitu, penuh senyum mekaniknya dan ramah (ya gak semua dealer sih, ada juga yang gak gitu ^_^). securitynya juga begitu, ya konsumen kan jadi adem ayem. kalau puas mereka akan cerita jadi namanya akan makin terkenal dengan begitu. tinggal upping pricenya ini yang harus di hilangkan. jangan sampai kalau rilis new Vixion / R15 & R25 kelak masih ada. kalau sampai ada jangan heran akan sulit terus penjualannya disini karena kurang maksimal akibat upping price. aku saja beli R25 dulu masih ada upping price, padahal yamaha indonesia akan menindak tegas bila ketahuan. jadi penyakit satu ini harus hilang atau pada lari semua karena bikers yang mau beli dipersulit. 

intinya mungkin itu saja yang bikin kurang sukses, yamaha harus introspeksi dan berbenah di dalam setelah itu barulah akan ada hasilnya. jadi dripada buru-buru rilis produk baru yang belum tentu laku mending introspeksi dari dalam, sales-sales nakal harus di tertibkan dan bikin sistem marketing lebih baik lagi. kalaus udah dibenahi rilis produk baru yang keren ya gak susah masarinnya, makin laris yangi ya hehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: