Wednesday, May 18, 2016

Konsumsi bahan bakar Vario 150 boros, akibat inreyen yang kurang benar?

Pasti sudah banyak yang memiliki Vario 150 kan sudah lama launchingnya,. gimana sahabat bikers sekalian yang punya ini motor sensasinya? kali ini aku akan membahas konsumsi bahan bakarnya. memang sudah banyak blog atau situs di internet yang membahas konsumsi bahan bakar vario 150 ini, aku tidak sekedar ikut menambahkan saja soalnya aku membahas motorku sendiri kenapa konsumsi bahan bakarnya boros. mungkin sebagian bikers ada yang menyangkal kalau bahan bakar vario 150 boros dan ada yang mengiyakan. hal itu terjadi mungkin tiap motor memiliki perpedaan dalam menyerap bahan bakar walau merk sama dan typenya. hal itu karena cara penggunaan tiap orang beda dan mungkin tergantung inreyennya juga.

dulu aku pikir ini motor irit. lah bagaimana tidak, Vario 125 saja dulu gak boros malah sama dengan Supra X 125 helm in. nah kan di berita-berita bilang kalau yang 125 baru lebih irit tapi lebih bertenaga otomatis yang 150cc jug begitu, bertenaga tapi juga irit. apalagi sahabatku si Ispar yang biasa aku ajak touring motor Vario 150 miliknya irit menurut penuturannya bahkan dia terkejut kok irit ini motor padahal kencang! lalu kenapa punyaku boros? kemungkinan karena aku gak inreyen dengan benar, belum mencapai 500 km sudah aku geber kencang ini motor, akibatnya ada bunyi-bunyi aneh pada motor dan memang saat aku pakai sehari-hari konsumsi bahan bakarnya menggila!

saat aku service pertama pas 1000 km sih kayaknya gak ada apa-apa ya sekedar service beres, biasanya kalau ada trobel mekanik bilang soalnya, lah ini gak bilang apa-apa berarti gak ada trobel.
 trobel mungkin gak ada, tapi bunyi aneh-aneh saat motor jalan tetap ada, kemudian borosnya juga gak hilang. aku bandingkan saja vario 125cc lamaku Surabaya - Porong gak sampai 2 liter, biasanya 1,5 liter itupun premium, kalau pertamax gak sampai 1,5 liter. sedangkan Vario 150 punyaku sekarang Surabaya - Porong tembus 2,5 liter dan itupun bahan bakar 100% pertamax! karena sayang motor gak aku kasi minum premium motor ini. beda banget kan keiritanya, masa iya selisih 25cc saja tapi bahan bakar selisih 1 liter dengan jarak tempuh yang sama? 2 pendapat berbeda sahabatku yang punya vario 150 yang aku bilang tadi bisa jadi karena inreyen, begitu juga punyaku. 

aku bisa menyimpulkan begini karena si Ispar kalau memakai motor selalu santai, jadi sampai masa inreyen gak penah buat lari kencang motornya, jadi inreyennya benar hasilnya kerasa, motor bertenaga tapi tetap irit! sedangkan yang satunya bilang boros mungkin seperti aku suka memacu motornya dengan kencang saat masa inreyen belum selesai, akibatnya motor vario 150nya juga boros. memang di buku petunjuk disebutkan saat masa inreyen apalagi sebelum 500 km tidak boleh tancap kas terlalu kontan dan gak boleh terlalu kencang, harus santai saja. jadi mungkin salah inreyen motor varioku jadi boros =_=. kalau sahabat bikers sekalian yang punya vario 150 gimana, boros apa irit? salam bikers salam persaudaraan, apapaun motor dan merknya bikers adalah saudara!

53 comments:

Intruder76 said...

V150 saya 1:32km

Risdiken said...

wah irit segitu bro vario sampean, aku cuma bisa gigit jari lihatnya hehehehe. kemungkinan gara-gara salah inreyen jadinya boros punyaku =_=

nasty said...

Ditahun pertama,dengan rutin pengisian pertamax rp.35.000 @rp.7.350/L (-+4,4L)rata" tembus 220 s/d 230km,6 bulan belakangan ini tetap memakai pertamax rp.35.000 @7.650/L mentok di 170 s/d 180 km.
Hmmm...mulai berasa borosss..
Kondisi motor standart.servis rutin..

Risdiken said...

apa sering service rutin atau cuma isi bahan bakar dan ganti oli saja? kalau cuma isi bahan bakar dan ganti oli saja berarti wajar bro. coba di service, tapi kalau sudah service tapi seperti itu ya ada yang salah mungkin, di cek saja bro ke bengkel. semoga bisa kembali normal motornya.

Wahid w said...

Vario 150 nya coba ganti roller vario 125 yg lama mas..kodenya kzr beratnya 18gr..memang tarikan agak berat dikit..tapi pengaruh ke pemakaian bbm lebih irit...sudah dibuktikan mas

Wahid w said...

Oh iya ..just info..motor saya vario 125 iss tahun 2013..pemakaian kota kota konsumsi bbm berkisar 1liter menempuh 55km

Risdiken said...

wah irit banget bro. memang aku juga pernah pakai Vario 125 yang sama seperti punya sampean terbukti irit. apalagi selisih 1 liter dengan jarak yang sama dengan vario 150 punyaku sekarang. makasi infonya bro

Unknown said...

Kenapa udh hampir 3 bulan motor vario 15cc saya boros nya minta ampun gmna cara nya biar selalu irit.

Teddy said...

Setel klep bisa lebih irit gak ya? Vario 125 ku baru jalan 1200km. Konsumsi oktan 95.. 1÷39km saja dpt nya. Sebelumnya punya vario thn 2015, bs dpt 1÷50 pdhl. Agan2 py solusi nya?

Intruder76 said...

@asep kusuma : borosnya 1 : brapa km _? Coba isi fulltank (di foto km di spedomtr), trus sisa 1 bar, baru isi full lagi. Cek selisihnya di bagi isi bensin, hasilnya brapa_?
@kuo xiang : stel klep lbh baik sesuai aturan dr pabrik, in & out, std saja, krn kalo terlalu kecil bukaan klep in, bisa bikin panas mesin, di atas 50kpj sdh ga kuat lari akibat bensin tdk masuk sesuai kebutuhan. Kalo mau irit, bawa motor dibawah 50kpj saja.

Risdiken said...

terima kasih sahabat bikers semua komentarnya ^_^

noerbianto.blogspot.com said...

Vario 150 ane dapet 1:48 dalem kota

Unknown said...

cmn bisa merenung bacanya ;') gw abis beli baru kan pengen tau peforma mesin nya makannya gw geber terus di jalan hiks

Risdiken said...

buat bro Rangga : kalau begitu jangan di geber terlalu kencang lagi bro sampai lewat inrenyennya ^_^

Risdiken said...

buat bro Noerbianto : segitu irit banget bro, kalau saja Vario 150ku bisa seirit itu pasti lebih happy aku hehehehehehe.

Unknown said...

gue vario 125 esp 2016 koq boros juga sih, masak ngisi pertamax 20.000 cuman dapat 95an KM. 95km/2,42L(20.000)=39.2km/L. Boros gak yah itu????, pemakaiannya boncengan ma istri+balita

Risdiken said...

buat bro Heri Sasongko : kalau segitu ya boros bro. punyaku gak seboros itu walau aku rasa boros bahkan lebih boros dari motor sport (pernah coba touring bareng dengan Vixion Lighting). coba di service dan di sampaikan keluhannya bro. motor Vario 125 punyaku dulu bukan yang 150 sekarang juga pernah agak boros lalu aku servic jadi irit tapi malah bertenaga.

Engkaulah Jodohku said...

hahaha. varioku udah 1,5 tahun. baru dua hari turun dr deler blm ada platx udah aq buat balapan....
dan sekarang masih aja irit. aq sering ngecek varioku dan dalam 1 liter pertamak bisa tembus 56 km
saya gak pernah ngasih bahan bakar selain pertamax. dan saya tidak pernah membiarkan motor saya dalam keadaan kotor. karna keiritan dan performa yang bagus jd prioritas saya

Risdiken said...

wah langsung uat kencang tapi gaka da masalah ya hebat bro, beruntung sekali sampean hehehehehe. apalagi masih irit sip deh bro. bahan bakar selalu pertamax bukan pilihan salah karena performa akan terus terjaga.

Unknown said...

Aq jg punya vario 150 cc.. mnurutku pemakaiannya irit koq untuk 1L:50 km (rata2). Dr beli sampai dah palai 2 thn lbih masih sama. Km skrng dah 30 rb... alhamdulillah masih sama sperti dulu...
Cuman saran untuk service jgn cuman ganti oli... perhatikan kebersihan CVT, saringan udara. Krn klo terlalu kotor jg akan menurunkan profroma mesin..

Risdiken said...

buat bro uwnknow : 50km/L? wih irit brooo. mantap itu bro motornya, di jaga baik-baik ya. trima kasih juga sarannya bro.

arlinda21 said...

punyaku,,dari kota malang kedenpasar,,,jarak 410 km,habis Pertamax 60rb,,,

Wahid w said...

Irit bro..ketemu 1ltr 56km

Risdiken said...

lho irit bro kalau 60Rb pertamax. apalagi ada yang sampai 56 KM/L joss. punyaku kemarin PP Lenggoksono - Sidoarjo kena 70rb pertamax juga. tapi tujuannay gak lenggoksono saja, sumber sirah juga.

Unknown said...

Vario 150 saya rata rata di 1:45 dari baru motor uudh 3 bulan,Klo bro risdi dpt brpa km,1 liternya emang?

Risdiken said...

Kalau buat agak santai masih bisa 40km/L bro, kalau agak cepat ya mungkin di bawah 30km/L kalau kencang banget ya bisa 25Km/L. teman-tmanku yang punya Vario 150 gak seboros itu juga. malah irit. 20-30km harian biasanya 1 liter motorku, kadang sisa sedikit. entah kadang boros banget kadang agak irit padahal pemakaian sama.

Anonymous said...

Vario 125 ane baru turun seminghu lalu, dari dealer indikator bensin tingan 1 kedip", ane isi pertamax 30rb, trus ane pake sampe skrng uda 98km, dan indikator bensin tinggal 2 strip.. boros g ya?

Risdiken said...

mungkin sedang-sedang atau agak broros bro. aslinya kalau gak terlalu sering gas kontan vario 125/150 masih tergolong irit kok. tapi kalau sering gas kontan atau tiba-tiba naikin akselerasi dari speed rendah langsung gas penuh ke speed tinggi walau ajrak dekat bahan baakr sepet banget habisnya.

Unknown said...

Bro @Risdi Ken... Waahhhh bisa q jadikan referensi.. soal e bingung.... mau yg 150 takut boros yg 125 tkut g da onderdil... tpi lbih condong ke 125 sih q... krn pya ne tmen q asslii irit

Risdiken said...

buat bro TJ Kusuma : kalau jarang naik tanjakan atau tidak membutuhkan motor yang terlalu cepat mending 125 saja. apalagi aslinya beda tipis kok powernya saat lari, tapi iritnya bila buat ngebut terus kerasa banget lebih boros yang 150. jadi cuma menang bila tanjakan yang sangat tajam memang sangat bisa di andalkan, sport saja bisa kesalip. buat boncengan juga tetap ngacir di tanjakan maupun lari di jalan mulus. top speed juga lumayan lah, tapi sebagai gantinya lebih borors yang 150cc. buat sekedar kenyamanan dan bisa kemana saja gak butuh tenaga ekstra cukup banget yang 125, bahan bakar juga gak terlalu nguras dopet. yang 150 bahkan lebih boros dari sport 150cc seperti Vixion soalnya aku pernah coba buka ini : https://risdiken900.blogspot.co.id/2016/07/konsumsi-bahan-bakar-matic-150cc-vs.html

buat bro arifsubhani : Oli Gardan sudah ganti bro? terus service juag sudah di bersihkan injectornya? coba buka youtube dan search " rumput teki " disana membahas berbagai motor matic honda dan yang paling banyak Vario series. pokoknya segala sesuatu tentang vario dan permasalahnnya di bahas komplit. aku saja gak bisa benerin rem belakang dan ganti gardans endiri jadi bisa setelah lihat videonya ayng berisi tutorial serivce motor vario sampai tips & trik, pokoknya komplit silahkan di buka. semoga membantu.

Unknown said...

saya punya vario 125 tahun 2016 dan vario 150 tahun 2015. sama sama type iss. perjalanan berkali kali jember - denpasar jarak 258 kilometer dengan vario 150 pertamax habis 40 ribu, dengan vario 125 malah habis 45-50 ribu pertamax. ini sudah berkali kali karena tiap bulan saya bolak balik jember - denpasar tiap 1 bln sekali. dengan pemakaian rata rata kecepatan 80-90 km/jam. jika dihitung rata rata vario 150 komsumsi bbm nya 52-53km/liter. sedangkan vario 125 48-50km/liter. ini dikarnakan mungkin jika vario melintir gas dikit aja udah mencapai torsi max jika dibandingkan vario 125 terasa harus melintir gas lebih untuk mencapai torsi max. juga suara mesin yg dihasilkan vario 125 lebih ngoyok atau bengok daripada vario 150. saya ga tau kenapa tapi lebih irit vario 150 menurut saya jika perjalanan jauh. terima kasih maaf ini hanya pengalaman saya.

Risdiken said...

wiih enak banget bro Vario 150 lebih irit dari 125. iya pendapat sampean bisa ajdi benar bro. ini info baru yang bisa dijadikan bahan untuk analisa lebih dalam mengenai Vario series. trims bro sudah sharing informasihnya.

Unknown said...

Gan mau nanya.. Saya baru beli motor vario 150 baru sebulan.. Baru di pake aktifitas 4 hari kerja.. Koq ya boros nya minta ampun 5.5 liter pertamax cuman ke pake buat 215KM aja yaa padahal pemakaian pelan

Risdiken said...

Mungkin setelah service jadi agak irit bro. Coba bilang ke mekanik saat service pertama kalau agak boros. Biasanya dari setingan pabrik kurang pas menurutku, jadi nanti biar di setting ulang saat service. Kemudian buat pelan tapi boros bisa karena jalan jaraknya dekat-dekat jadi dikit-dikit nyalain motor dan matikan lagi. Kalau seperti itu memang boros daripada jalan terus dengan jarak lebih jauh. Kalau 215km/5.5 liter menurutku gak terlalu boros bro, soalnya kalau di bagikan tapi 1 liter tembus 39km/liter. Aku sendiri nyoba lebih irit Vixion dari Vario 150 jadi bila Vario 150 agak boros wajar bro, kalau irit itu yang luar biasa seperti pada saudara Arick yang lebih irit 150 daripada 125cc Varionya. Ya coba ntar ke bengkel bro dan bilang agak boros, minta bikin irit saja tapi tetap bertenaga (pernah coba bisa pada Vario 125). Terus saranku jangan pakai oli gratisnya. Lebih baiknya pakai dari pabrikan yang paling mahal tapi harga selisihnya dikit. Jadi beli sendiri olinya yang gratisnya bisa bawa pulang kasi ke teman atau saudara. Semoga membantu.

Unknown said...

Terima kasih gan atas saran nya.. Soalnya aneh nih temen sekampung ku pakai motor vario 150.. Kerja di tempat yang sama.. Dia cuma habis pertamax 35000 seminggu.. La aku baru empat hari udah habis banget

Unknown said...

Jadi kesimpulannya lebih irit mana 150 cc atau 125 cc ,rekomendasi dong soalnya bulan depan mau beli vario . jdi bingung antara 150cc aatau 125cc .trim kasih mohon jawabanya

Risdiken said...

Buat Bro Lalan : nah itu mungkin penggunaannya beda bro jadi iritnya beda selain yang aku simpulkan di atas. seumpama teman sampean jarang keluar lebih banyak buat kerja dan sampean agak sering keluar jadi beda konsumsinya juga. dan setting pabrikan menurutku juga bisa beda-beda bro jadi memang perlu service pertama dulu bila sampean merasa belum pas motornya. kecuali dari awal sudah enak dan irit kayak punya teman sampean malah gak perlu service, takutnya settingan motor berubah dan settingan baru kurang cocok malah kecewa soalnya susah bikin balik normal lagi. service bila ada masalah gak apa. yang penting oli rutin paling tidak 1000-2000km harus ganti pasti enak terus. kalau agak lama cukup bersihkan filter udaranya saja dan oli gardan tiap 8000km. gitu saja mesin sehat sehat saja.

Buat bro Riza : dari yang aku lihat langsung punya teman-temanku dan punyaku Vario 125 lebih irit bro. kalau sekedar buat kerja dan muter-muter mending 125 saja. kecuali mau yang perfroma lebih dan bisa jalan yang agak ekstrim seperti sering lewat tanjakan tajam nah itu lebih perlu 150 karena tenaga ngisi terus. top speed mungkin beda dikit cuma akselerasi saja yang lebih kencang 150cc.

Risdiken said...

Wah mantep bro bisa tembus 63-71km/L. urusan oli memang mending gratisannya gak usah di pakai bila beli motor baru, bawa saja pulang dan ganti yang lebih bagus. oli gratisannya bisa di jual algi atau di kasi ke teman.

Yori Setia Raharjo said...

so ak pilih 125/150 cc ni.. tinggal gerakkin langkah bro

Unknown said...

Saya ini juga baru ambil vario 150 gen pertama sebelum hadir yang baru, nah baru seminggu terus isi pertamax 30 ribu nah cuma kuat 130 km aja padahal bukaan gas pelan terus, boncengan sesekali aja, apa, seharusnya kan kalo bukaan gas pelan konsumsi bbm juga lebih dikit yah tapi ini kerasanya boros motor baru keluar diler banget

Risdiken said...

Buat bro yori :Vario 125 lebih irit, kalau sekedar buat kerja atau keperluan sehari-hari cukup banget. kalau suka kencang dan lebih bergengsi ya mending yang 150 cukup oke dan nendang tarikannya cuma ya lebih boros. Maaf telat bales.

Buat bro Deni: kalau dari awal boros walau sudah benar inreyennya berarti dari setingan motornya bro. Setelah masa inreyennya habis atau service pertama bilang saja ke mekanik kalau motornya boros nanti di seimbangkan settingannya. Biasanya lebih irit tapi tarikannya masih kencang bahkan lebih kencang.

Unknown said...

Bro risdi : berarti setelah service pertama bakalan lebih irit gitu yah ? Lagian ane pake motornya ga ngebut2 speed aja dibatas maksimal 60 ini, jadi maksudnya walau disetting ulang performa tetep aja normal gitu, malah kata agan kan makin kenceng

Risdiken said...

Iya bro punyaku jadi lebih irit. Kalau punyaku dulu memang makin irit makin kencang, beberapa teman juga ngalamin bro. Kalau punya sampean gak gitu mungkin mekaniknya gak ngerti cara setting seperti motorku kan mekanik skill dan pengetahuannya beda-beda walau di training cara yang sama.

Unknown said...

Owh iyah terus sharing perihal indikator bensin digital gini kalo mau isi bensin yg tepat pas gimana yah ? Soalnya baca buku panduan indikator E itu masih tersisa 1.5 liter katanya

Risdiken said...

kalau masalah indikator bbm saya kurang ngerti, mungkin benar di buku panduan bila E sisa 1,5 liter, soalnya aku sendiri kadang E sampai lama gak habis-habis pas toruing nunggu ketemu SPBU. dan kadang meleset bro. aku pernah isi di SPBU A dann B aku kira salah satunya curang karena bar bbm beda dengan pengisian sama pemakaian sama, tapi setelah berulang kali eh saat bar sedikit, mesin aku matikan dan nyalakan lagi ternyata jadi nambah. biasanya pengaruh saat lewat 1,5 tahun bar bbm mulai rada ngawur.

Anonymous said...

Kalau caranya ngeborosin dikit aja..
Ada yang tau ga?

Risdiken said...

bawa saja ke bengkel bro hehehehehe

M Hizbullah said...

vario 150 ane tembus 1:49 untuk jarak luar kota

Unknown said...

Ini lanjutin diskusinya gan risdi, motor ane sehari2 dipake stop and go ke kampus apa wajar kah ini seperti contoh skrg udah 4 bulan kalo dipake ke kampus doang dengan jarak pp hanya 8km 30 ribu bensin pertamax hanya kuat 5 hari kadang 6 hari

Risdiken said...

ya kalau di hitung sih 8km kali 5 hari ya,sama saja 40 km kalau di kalikan. bbm 30rb anggap saja 3 liter. jadi 40km : 3 liter sama saja 13,3 liter, boros banget bro. tapi bila jarak sedekat itu jalan lambat seperti kena macet stop and gonya ya bisa boros sih,tapi gak sampai segitu bro. kalau ada yang bilang 1 liter tembus 49km bisa tapi lurus gak berhenti, kalau dikit-dikit ebrhenti seperti kasus sampean, dekat ajraknya tapi boros. tapi menurutku punya sampean terlalu boros bro, coba di cek ke mekanik.

Unknown said...

Ini udah service ke-3 ane dah ngeluh ke bengkelnya pun malah tetep aja, skrg kan ya betul sih bbm 30k dapet 3 liter, nah saya lakukan uji coba terus cuma kuat 110 kilometer, apalagi ini hari ini banget isi 30k hari senin kemaren, pas hari ini udah sisa 2 bar lagi padahal jarak yg ditempuh baru 50 kman..

Risdiken said...

kalau begitu mekaniknya kurang handal bro. cuma bisanya service ringan. kurang ngerti kemauan konsumen. susah memang bro nemuin mekanik bengkel resmi yang handal. padahal motor injeksi kan ya larinya ke service resmi. pernah saudaraku motornya gak enak padahal masih baru. dia mau bongkar biar tau penyakitnya eh mekaniknya gak berani, padahal saudaraku gak mempermasalahkan walau baru di bongkar dan berani bayar.

Anonymous said...

Vario 150cc punya ane boros sekali 1liter cuma dapet 25km sebelumnya bisa dpate 40km,sudah diservice masih tetap boros. salah dmn ya? minta saran nya