Friday, May 20, 2016

aku kurang tau tata cara touring bersama dengan benar, tapi aku tau berkendara di jalan yang benar

Kemarin seperti biasanya saudara yang rumahnya dekat jalan terdengar moge konvoi akbar. aku sebut konvoi akbar karena bunyak banget yang lewat kalau di hitung-hitung ada 200 motor lebih termasuk yang 250cc. ya namanya penyuka motor, lihat moge seneng walau cuma lihat hehehehe. jadi saat terdengar suaranya dari jauh langsung saudaraku keluar dari rumah dan melihat ke arah jalan raya yang dekat rumahnya. suara motor yang terdengar makin mendekat dan sampai akhirnya lewat. touring skala besar ini ternyata dikawal oleh Polisi, jadi seharusnya bisa lebih tertib kan sudah ada yang mengkawal biar dapat jalan. motor dengan kanlpot racing berkubikasi besar lewat seperti lihat balapan Moto GP saja, bagaimana tidak suaranya yang khas motor besar berkali-kali terdengar wung-wung.

melihat suasana kayak gitu memang asik, tapi setelah melihat terus saudaraku sadar ini gak sekdar touring. ini toruing adu kebut dan tidak berurutan malah saling salip menyalip. mungkin bagi yang melihat berpikir asik juga tapi buat yang toruing menurutku kurang aman kalau seperti itu. apalagi kan touringnya di kawal Polisi jadi seharunya gak terlalu cepat dan gak bakalan ketinggalan yang dibelakang. seharunya kan bisa lebih tertib buat keamanan bersama. untunglah ada rekan touring yang baik jadi sambil mengarahkan dengan benar. ya gak touring moge saja yang kadang ngawur. bahkan ada kok toruing moge yang tertib. jadi gak cuma touring motor besar saja, semua motor yang touring banyak yang begitu, ugal-ugalan dan se'enaknya di jalan walau gak semuanya. 

saat touring bersama ke cangar

selain membahayakan diri sendiri, bisa juga membahayakan penguna jalan yang lain bila ugal-ugalan dan se'enaknya di jalan. apalagi terkadang ada saja toruing dengan rasa arogan, merasa punya jalan yang lain di suruh minggir dengan paksa sampai nenadang-nendang. ya kadang memang emosi ada touring bersama seharusnya pengguna jalan memberi sedikit jalan untuk mendahului malah cuek gak di kasi jalan, walau begitu bukan berarti kita bisa see'enaknya nyuruh minggir dengan paksa. apalagi sampai melakukan tindakan kekerasan. aku pernah lihat mata kepala sendiri seorang pengendara moge memukul pengendara lainnya untungnya menghindar. kalau di lihat sebenarnya memang yang pengendara lain yang salah, sudah tau ada motor lewat minta di dahulukan malah kayak gak perduli. 

walaupun bikers lain salah ya tentu sebaiknya gak boleh main kekerasan cukup di bilangin saja kan beres. kalau pengguna moge baik-baik di jalan tentu banyak yang respek terutama aku hehehehe. jadi gak perlu melakukan tindakan macem-macem pasti biasanya mingir sendiri, dan kalau ada yang gak hiraukan cukup dibilangin saja gak sampai main tangan. kalau geber/bleyer sih aku masih agak memaklumi kadang memang pengguna jalan lain gak ngerti, jalan dengan kecepatan rendah kok di tengah kan jelas salah! kalau pelan ya di pinggir. kalau di ingatkan malah gak peduli kan se'enaknya itu namanya jadi menurutku sendiri kalau sudah kayak gitu di bleyer gak masalah toh dia sudah salah tapi se'enaknya. tapi itu tadi gak boleh main tangan tetap salah itu. sebagai pengguna jalan yang baik bila di belakang ingin lewat ya di kasi jalan asal dengan tertib lewatnya, jangan malah nutupin, kan jalan raya milik bersama.

saat ke papuma touring bersama

aku memang gak begitu ngerti peraturan dan tata cara touring bareng tapi aku tau berkendara di jalan dengan benar. seumpama touring bareng ya cukup dirutikan saja siapa yang di depan siapa yang di belakang gak perlu saling menyalip soalnya bila ketinggalan ya tentu di tunggu gak di tinggal. dan saat toruing gak sampai mengganggu pengguna jalan lain. bila ingin lewat dan pengguna jalan lain di depan gak ngerti cukup klakson pasti langsung ngasi jalan. kalau saling respek begini kan enak. di jalan tetap tertib dengan touring sesuai formasi yang benar gak kacau gara-gara balapan, ini toruing bukan ajang adu kebut atau balapan kan. kalau salah satu ada yang capek istirahat.  jadi maksudku kalau touring yang benar dengan peraturan sederhana saja cukup seperti yang aku bilang tadi. 


nah tipsku sama seperti yang kau tulis di atas bila touring bersama : dari awal sudah ditata mana yang ditempatkan depan, belakang atau tengah, bila touring gak perlu menyalip harus tetap sesuai formasi yang di atur tadi. kalau ada keadaan yang membuat formasi terpecah ya segera setelah memungkinkan kembali ya kembali ke formasi semula. bila ada yang tertinggal di tunggu, ada yang capek ya istirahat, itu saja sudah bisa dibilang toruing dengan benar & aman. di jalan berkendara baik-baik ya di hargai pengguna jalan lain. sahabat bikers sekalian kalau toruing bagaimana? hehehehehe salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: