Sunday, May 15, 2016

mengendarai mobil dengan kecepatan di atas 100km/h harus pikir dulu 100 kali sebelum melakukannya!

anda sering nyetir mobil di atas 100km/h? coba pikir 100x lagi apapun mobilnya. aku dari dulu juga ingin nulis ini baru sempat sekarang. kali ini aku nulisnya bukan sebagai bikers soalnya mengenai mobil hehehehe. walaupun seorang bikers tapi bukan berarti gak mau nyetir mobil. mobil tetap dibutuhkan untuk keperluan kerja dan keluarga bila bepergian bersama. baca di news entah di koran, internet, atau tv sering banget aku melihat berita kecelakaan, terutama di tol. ya kalau di tol aku gak heran, lah mau gimana lagi kecepatan mobil di tol bisa gila-gilaan di atas 100km/h. ya memang naik mobil lari 100km/h gak kerasa jadi banyak orang terlena dan memacu lebih cepat kendaraannya. padahal kalau ada apa-apa ngerem mendadak ya tetap saja gak sempat berhenti sampai ada tabrakan karena terlalu cepat dan jarak antara mobil satu dan yang lainnya berdekatan.

beberapa masalah yang dapat terjadi bila melaju dengan kecepatan terlalu tinggi : 
1. bila terjadi sesuatu mendadak kita bisa panik dan setir susah di kontrol bila dalam kecepatan tinggi, akibatnya bisa mengakibatkan kecelakaan.
2. sama seperti di atas, bila terjadi sesuatu secara mendadak kita kesulitan mengerem mendadak karena jarak terlalu dekat, crash pun tak terhindarkan. (sudah kebiasaan, walau melaju cepat di atas 100km/h jarak antar kendaraan terlalu dekat).
3. bila melaju dengan kecepatan tinggi gak akan begitu kerasa di dalam mobil, sehingga biasanya pengemudi makin tancap gas padahal sudah sangat tinggi kecepatannya. bila crash tentu kerusakannya jadi sangat tinggi karena terlalu cepat melajunya.

kalau jalan sepi sih di tol gak apa-apa tapi juga tetap jangan terlalu tinggi kecepatannya. ya senekat nekatnya 120km/h lah. kalau di atas itu apalagi hampir 200km/h walau sepi terlalu bahaya. kecepatan segitu ada kejadian mendadak akan kesulitan menangani situasi seperti itu jadi resikonya terlalu tinggi. memang mobil biasa sekelas MPV saja bisa lari 140km/h lebih tapi ingat lah motor mpv ya gitu gitu aja keselamatannya menurutku masih kurang. malah ada yang melaju di atas 100km/h body sudah getar dan oleng kena angin. sudah tau gitu aku lihat di jalan malah banyak yang ngebut, padahal resikonya terlalun tinggi bahkan maut sekali!. jangankan mpv, SUV dengan harga di atas 400 jutaan saja nabrak hancur jalan dengan kecepatan 100km/h, apalagi mobil di bawahnya malah lebih bahaya lagi. 

apapun mobilnya tetap bahaya melaju terlalu kencang, jadi mending lebih hati-hati saja dijalan. mobil sekelas lambo dan mobil mewah lainnya saja bila nabrak hancur apalagi yang dibawahnya ya sama aja nantang maut nih. satu lagi nih, jangan sampai ngantuk di jalan, itu yang sering terjadi bila mengendarai mobil bisa sangat bahaya. kalau ngantuk berhenti untuk istirahat agar aman baru melanjutkan perjalanan. bila nyetir siapkan cemilan dan minuman kopi. jadi bila ngantuk bisa makan cemilan atau minum ngantukpun hilang jadi aman melanjutkan perjalanan. salam satu aspal sesama pengguna jalan. tetap berhti-hati agar selamat sampai tujuan.

No comments: