Tuesday, May 10, 2016

asuransi mobil lebih sepertinya lebih nyata dari asuransi motor

Bagi yang pernah membeli kendaraan secara kredit pasti tau setiap angsuran yang kita bayarkan termasuk biaya asuransi. baik itu mobil ataupun motor. nah aku sendiri kan ngerti dikit tentang asuransi mobil dan motor jadi aku angkat untuk dibahas. terus aku memberi judul di atas karena sepertinya lebih nyata mobil daripada motor asuransinya. lebih nyata gimna bro? begini, kan agak sering tentangga/teman kehilangan motor yang kebetulan beli secara kredit. nah saat kehilangan kemudian ditanya asurnsinya ternyata teman/tetangga harus bayar 3x lagi baru motor datang dan cicilan nol lagi! apa, nol lagi? iya! itu kan saja saja kita beli lagi soalnya di hitung-hitung bayar lagi dari awal! bayar 3x jumlahnya sama dengan dp kemudian cicilan mulai nol lagi. itu bisa di bilang asuransi? kalau menurutku gak, itu sama saja penipuan! tapi aku gak tanya secara teliti asuransi mana. ada juga yang cuma hialng cicilannya saja tapi tetp saja keluar duit bnayak soalnya bayar nol lagi angsurannya

sedangkan mobil, wah jangan tanya bro. kalau mobil ada istilah all risk! maksudnya semua resiko di tanggung. entah kecelakaan, mobil rusak lumayan parah, hilang bahkan tergores sedikitpun tetap dapat ganti. kalau mobil hilang ya dapat ganti, rusak ya diperbaiki tanpa mengeluarkan biaya banyak. paling banyak cuma Rp.200.000 saja untuk administrasi. kalau motor? kebanyakan seperti yang aku tulis di atas sama saja beli lagi. tapi kebanyakan lho, bukan semuanya. kemudian masalah klaim asuransi mobil. bila anda punya mobil secara kredit kemduian kebetulan lagi apes mobil nyerempet dan penyok atau ada insiden lebih parah jangan ragu klaim ke asuransi. mungkin banyak yang bilang kalau di klaimin prosesnya lama mobil akan lama di gudang jadinya gak enak, mending di perbaiki sendiri.

kalau mereka bilang begitu berarti salah. aku sendiri pernah mengurus asuransi mobil juga dibilangin orang-orang begitu jadi agak ragu di klaim ke asuransi. tapi kalau apa kata orang saja ya belum tentu benar makanya aku buktikan sendiri. hasilnya? gak ada namanya mobil ngandang di bengkel lama. prosenya cuma bawa ke pihak asuransi dan di data, bagian yang rusak difoto dan di kasi tanda kemudian ke bengkel yang di tunjuk untuk memperbaiki mobilnya. dan itu gak begitu lama. seumpama antri banyak cuma di periksa saja sama bengkelnya, kalau sudah waktunya akan di panggil untuk di perbaiki. jadi selama belum di panggil mobil bisa tetap digunakan. kalau rusak parah gimana? iya itu harus ngandang.

kalau sama-sama ngandang dan waktunya sama-sama lama kan mending yang gratis daripada bayar. soalnya kalau kita bayar sendiripun kalau antri tetap ngandang di gudang tempat perbaikan, sama saja kan sama antri di bengkel yang di tunjuk asuransi tadi kalau begitu, bedanya kalau asuransi kita gak ngeluarin duit banyak cuma administrasi, kalau bayar sendiri kita bayar penuh! iya kalau cuma goresan dikit mending di perbaiki ke bengkel uang sendiri sama saja dengan asuransi biayanya kalau cuma sedikit, kalau lebih parah ya mending asuransi bayar dikit proses juga sama saja dengan yang bayar. gak susah-susah keluarin uang banyak mobil bisa normal kembali. 

jadi kalau asuransi mobil banyak yang bilang negatif ini itu jangan dengar, coba sendiri dulu soalnya belum tentu begitu seperti yang aku buktikan sendiri tadi. setelah aku jelaskan pasti sahabat bikers atau pembaca sekalian tau bahwa memang mobil dan motor asuransinya beda, lebih nyata mobil, kita bayar ya ada apa-apa asuransi juag ganti rugi, kalau motor? aduh parah >_<. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan mekrnya bikers adalah saudara!

No comments: