Wednesday, May 25, 2016

Saat motor 250cc dikalahkan CB100 modif

sekitar 3 minggu lalu aku bersama sodaraku hendak ke sidoarjo untuk service printer, nah di tengah perjalanan aku melihat Ninja 250 karbu lewat dengan bangga dengan knalpot brongnya. kehalang dikit bleyer seakan yang punya jalan. lalu akhirnya sang CB 100 modif lewat. memang saat menyalip motorku (memakai vario 150) kerasa banget nih kalau motor kencang walau dia gak lari kencang. suranya juga di brong tapi gak begitu berisik. nah saat bleyer-bleyer tadi si ninja 250 ketemu itu CB. seperti biasa di jalan merasa di tantang karena nempel terus si ninja tancap gas saat jalan mulai kosong. eh gak taunya sama -sama tancap gas si Ninja 250 karbu tersalip tanpa ampun gak bisa ngejar. aku cuma bisa geleng-geleng karena cepat banget itu motor.

memang Ninja 250 karbu sudah di brong kenalpotnya dan ban agak dilebarin biasanya performanya drop mudah di salip motor kubikasi di bawahnya, tapi bukan berarti ninja 250nya gak fit si CB 100 jadi menang. bagi seorang bikers sepertiku yang biasa di jalan dan bila situasi memungkinkan melaju kencang aku jadi bisa merasakan dan membuat perhitungan/perkiraan sedahyat apa ini motor sebenarnya dibandingkan motor lain (berbagai kelas) dan motor-motor yang aku pakai. seumpama Ninja 250 karbu/FI standarpun sudah pasti kesalip, bahkan R25 punyaku juga aku rasa bisa tersalip melihat akselerasinya yang dahyat. 

CB 100 modifan memang gak bisa di anggap enteng soalnya biasanya kubikasi 200cc tapi di modif jadi kencang bahkan ada yang lebih dari 300cc, jadi jangan heran sport fairing sekelas 250cc bisa tersalip dengan muda bila masih standard. memang kalau adu top speed gak jaminan yang 200cc CB modifnya menang tapi jangan salah akselerasinya pasti menggila! katakanlah motor sport 250cc bisa lari 160-175km/h sedangkan CB 100 modif 200cc cuma 140-150km/h tapi walau kalah top speed akselerasi dahyat tentu bisa nyalip motor 250cc standard dengan mudah. lagian di jalan jarang banget bisa lari di tas 150km/h karena terlalu padat walau jalan lurus panjang. 

jadi seumpama jalan lurus panjang beberapa kilo mungkin si CB bisa tersalip karena kalah top speed, tapi ingat jalan super lurus kayak gitu jaurang banget. walaupun sepi ada jalan lurus dan adu kebut belum sampai top speed sudah habis jalannya biasanya. jadi kalau menang harus super panjang jalannya dan ya itu tadi jarang. itupun kalau ketemu di jalan hehehehehe. CB 100 modif? jangan remehin bro kencang lho hehehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: