Wednesday, September 27, 2017

Motor sport terutama fairing banyak yang suka cornering, bagaimana dengan risdiken?


Ya jaman sekarang motor fairing sudah menjamur gak kayak dulu yang masih jarang. Karena itu sekarang jadi banyak rider yang suka miring-miringan atau cornering di jalan umum? Setelah insiden monasco antara 2 R15, yang terbaru ZX10R crash di tawangmangu karena cornering. Jujur saja ya cornering pake motor itu memang enak, makanya banyak yang melakukannya. Naik bebek pernah miring-miringan kayak gitu lihai banget aku, naik matic juga manuver oke, asal sudah terbiasa matic mau cornering bisa. 

Pakai akame juga walau ban standardnya pabrikan yang terkenal licin dan makin licin saja sekalian tetap bisa dengan nyaman cornering. Tapi ya lihat situasi dan kondisi jalan plus motor dan rodanya. Sikon memungkinkan, tapi motornya handling kurang mantap ya bahaya sekalipun sudah biasanya tapi potensi jatuh masih sangat mungkin. Motornya enak handling tapi cek dulu rodanya licin gak? Kalau licin ya sama saja kan nyelakain diri sendiri. Memang paling nikmat cornering pakai motor sport fairing, aku saja kadang sepi suka begitu dulu. Tapi aku gak terlena saat cornering, tetap waspada dan peka. 

Bila ban kerasa menunjukkan gejala mau terpleset sepersekian detik aku langsung angkat tegak motor gak miring-miringan lagi. Biasanya orang cornering di jalan (bukan di sirkuit ya karena mungkin teorinya beda) itu motor sudah bisa cornering dengan lancar bikers atau ridernya terlena dan di lanjutkan lebih dalam lagi gak kerasa ban mengalami gejala terpleset. Setelah merasakan sepersekian detik ban mau terpleset bikers sudah terlambat gak antisipasi karena terlalu terlena cornering akhirnya jatuh deh. 

Aku cornering juga gitu, senengnya miring-miringan tapi aku langsung gak terusin, feeling sudah kerasa walau bisa miring lagi kalau aku terusin bakal crash. Jadi ya gak aku teruskan. Ya itu dulu, sekarang ban makin licin, belok ya sewajarnya saja sudah stop cornering wkwkwkwkwkwkwk. Walau ban enak sekalipun nanti tentu aku gak akan mentang-mentang lalu cornering, tetap waspada biar aman. Sahabat sekalian gimana, suka cornering dengan motornya? Salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara! 

No comments: