Thursday, September 7, 2017

Beda setelan kopling ternyata beda performa

Ternyata beda setelan kopling juga beda performa. sama seperti judul di atas dan aku baru nyadar setelah ganti oli ke dealer yamaha. jadi kemarinf oto-foto Vixion dan motor lainnya pas ke dealer dan keadaan terburu-buru jadi gak sempat foto banyak. saat menunggu ganti oli tiba-tiba aku di panggil mekanik. dan aku pikir ini pasti masalah si akame kurang sehat. enak deh bila tau kerusakannya tinggal siapin dana bila ada dan service. tapi ternyata dia tanya setelan koplingnya cetek (kendor), apa memang aku buat seperti itu? ya aku jawab tidak, soalnya dulu gak gitu, tapi lama-lama begitu sendiri. lalu si mekanik bilang kalau kayak begini (cetek/dangkal) koplingnya performa kurang. dan benar saja setelah di bikin dalam (dinormalkan lagi) koplingnya tarikan lebih mantap wkwkwkwkwk. payah deh baru nyadar. memang sih aku gak begitu ngerti mesin, ya cuma memakai dan sebagai pengamat otomotif saja. yang aku sharing kan tentang yang aku rasakan dan pengalaman saja saat menggunakan motor.

dan kalau bahas masalah mesin aku ada narasumbernya tersendiri yang jadi bahan aku nulis posting. jadi selain karena akame kurang sehat, alasan lain torsi akame turun ya karena koplingnya tadi. setelah di benerin tarikan gear 2 kembali liar walau belum seperti semula 100%. walaupun begitu sudah bisa ngamuk sampai lari 90km/h. sebenarnya bisa sampai 100km/h gear 2 tapi karena sayang mesin gak pernah aku lakukan lagi, 90 saja jarang banget, paling-paling 70-80km/h sudah aku masukin gear 3. padahal ya simple ya, tinggal muter-muter  samping kanan kopling pada kabel kan ada kayak penyetelan kabel, nah tinggal utak atik itu ternyata. tapi jujur saja, aku aslinya lebih suka kopling cetek soalnya di putaran awal atau gear 1 motor lebih gambang di handle. sayangnya performa ternyata drop kalau seperti itu, meding di bikin kencang saja deh koplingnya hehehehe. salam bikers salam persaudaraan, apapun motor dan merknya bikers adalah saudara!

No comments: